Dampak hujan deras, BPBD catat 40 titik longsor di Kulon Progo

- Kamis, 1 Desember 2022 | 21:41 WIB
Material longsor menimbun jalan Magangan-Ngroto.  (Amin Kuntari)
Material longsor menimbun jalan Magangan-Ngroto. (Amin Kuntari)

HARIAN MERAPI - Kulon Progo mencatat, ada 40 peristiwa tanah longsor yang timbul sebagai dampak hujan deras di wilayah ini sepanjang Rabu (30/11/2022). Peristiwa longsor terjadi di lima kapanewon di Kulon Progo.

Kepala Pelaksana BPBD Kulon Progo, Joko Satya Agus Nahrowi mengatakan, total jumlah bencana di Kulon Progo akibat hujan pada Rabu (30/11/2022) mencapai 42 titik. Dari jumlah itu, 40 di antaranya merupakan peristiwa longsor.

"Peristiwa ini tersebar di lima kapanewon yakni Pengasih, Kokap, Wates, Kalibawang dan Samigaluh," kata Joko, Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: KIB prioritaskan Airlangga diusung jadi Capres, Pengamat menilai memang pantas karena karirnya cemerlang

Ia mengatakan, proses assement terhadap rentetan bencana di Kulon Progo masih dilakukan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kulon Progo.

Petugas akan mengecek seberapa besar kerusakan yang ditimbulkan pada peristiwa tanah longsor untuk menentukan langkah penanganan lebih lanjut.

"Nanti longsoran yang butuh alat berat akan kita datangkan. Kalau yang volume kecil akan kita bantu logistik untuk keperluan kerja bakti pembersihan," ujarnya.

Salah satu peristiwa longsor yang parah terjadi pada tebing setinggi 10 meter di Dusun Soropati, Hargotirto, Kokap. Material longsor menutup jalan desa dan mengancam rumah warga.

Baca Juga: Sebelum terungkap sejarahnya, Gunung Tidar Magelang dikenal keramat, angker, gawat keliwat-liwat

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kulon Progo bangkitkan seni dagelan Mataram

Senin, 5 Desember 2022 | 18:21 WIB
X