Komisi X DPR RI kunjungi Kulon Progo, infrastruktur pariwisata jadi sorotan

- Senin, 28 November 2022 | 21:20 WIB
Kunjungan Komisi X DPR RI di Ruang Sermo Kompleks Pemkab Kulon Progo.  (Foto : Amin Kuntari)
Kunjungan Komisi X DPR RI di Ruang Sermo Kompleks Pemkab Kulon Progo. (Foto : Amin Kuntari)

 

HARIAN MERAPI - Kondisi infrastruktur pariwisata di Kulon Progo mendapat sorotan dari Komisi X DPR RI. Hal ini mengingat Kulon Progo merupakan kawasan penyangga bagi Destinasi Super Prioritas (DSP) Borobudur.

Anggota Komisi X DPR RI, Puti Guntur Sukarno mengatakan, sektor pariwisata tidak hanya menjadi pembahasan di Komisi X dan kementerian terkait tetapi juga lintas sektoral. Sebab, permasalahan pariwisata di Kulon Progo saat ini adalah infrastuktur.

"Banyak sekali destinasi wisata yang menjadi penyangga dan menopang DSP Borobudur. Kulon Progo memiliki potensi pariwisata yang luar biasa tetapi infrastukturnya perlu kita perhatikan bersama. Hal ini penting karena bisa meningkatkan kesejahteraan serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," kata Puti dalam kunjungannya di Ruang Sermo Kompleks Pemkab Kulon Progo, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Penderes nira di Kulon Progo dapat jaminan perlindungan Rp 300 juta rupiah

Ia menambahkan, Komisi X dalam melakukan Kunjungan Kerja Spesifik Bidang Pariwisata ke Pemkab Kulon Progo akan menyerap aspirasi yang disampaikan, terutama mengenai dorongan untuk membangun infrastuktur.

Nantinya, hal ini akan disampaikan secara lintas komisi dengan kemitraan-kemitraan terkait seperti Kementrian Perhubungan atau Kementerian Pembangunan Umum.

Anggota Komisi X yang lain, Moh Haerul Amri menambahkan, kunjungan kerja yang digelar bertujuan sebagai fungsi pengawasan bidang pariwisata dan memantau secara langsung perkembangan terkini di Kulon Progo.

Hal ini mengingat Kulon Progo sebagai kawasan penyangga bagi DSP Borobudur sehingga pihaknya perlu mendapatkan fakta dan data secara langsung mengenai perkembangan wisata Kulon Progo.

Baca Juga: Tips liburan akhir tahun yang aman, nyaman dan tidak menguras kantong

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kulon Progo bangkitkan seni dagelan Mataram

Senin, 5 Desember 2022 | 18:21 WIB
X