• Selasa, 31 Januari 2023

Tangani warga terdampak gempa Cianjur, Polri bentuk Satgas Kesehatan, ini tugasnya

- Rabu, 30 November 2022 | 12:00 WIB
Tenaga kesehatan dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri memeriksa salah satu pasien terdampak gempa Cianjur yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Cianjur, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022).  (ANTARA/HO-Mabes Polri)
Tenaga kesehatan dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri memeriksa salah satu pasien terdampak gempa Cianjur yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Cianjur, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022). (ANTARA/HO-Mabes Polri)


HARIAN MERAPI - Korban gempa Cianjur butuh penanganan serius, terutama mereka yang mengalami luka-luka.


Berkaitan itu, Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan untuk membantu penanganan warga terdampak gempa bumi bermagnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat.


Penjelasan tersebut disampaikan Kepala Pusdokkes Polri Irjen Pol dr Asep Hendradiana melalui keterangan tertulis di Cianjur, Jawa Barat, Rabu.

Baca Juga: Bencana kelaparan akan terjadi pada tahun 2050, begini penjelasan pakar UGM


Ia mengatakan, Satgas Kesehatan untuk melayani korban yang meninggal dunia, terluka maupun sakit usai gempa bumi.

"Selain membantu proses evakuasi dan pemberian bantuan sembako serta kebutuhan masyarakat, Polri juga telah menyiapkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat," kata Asep.

Asep menuturkan, Pusdokkes Polri mengerahkan 261 personel terdiri atas 21 dokter spesialis, 41 dokter umum, lima dokter gigi, 96 perawat, 36 tenaga kesehatan (nakes) dan 62 personel non tenaga kesehatan.

"Selain kesiapan personel, tim Satgas Kesehatan Polri juga menyiapkan sebanyak 19 unit ambulans, tiga mobil kabin ganda (double cabin) dan 16 kendaraan roda dua," tutur Asep.

 Baca Juga: Dituding pelakor, ini klarifikasi Kite Entertainment yang menaungi Arawinda Kirana, berawal kenal di Gym

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X