• Rabu, 7 Desember 2022

Cek sebelum terlambat, pemutihan denda pajak kendaraan di DIY berakhir akhir bulan ini

- Jumat, 25 November 2022 | 13:12 WIB
Kompol Novita Ekasari (Foto: Samento Sihono)
Kompol Novita Ekasari (Foto: Samento Sihono)

HARIAN MERAPI-Ditlantas Polda DIY bekerja sama dengan Pemprov DIY bakal mengakhiri program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor bulan ini. Dengan demikian, masyarakat diimbau untuk memanfaatkan kesempatan ini.

Ditlantas Polda DIY dan Pemprov DIY mengadakan program pemutihan pajak kendaraan bermotor untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program pemutihan tersebut, akan segera berakhir 30 November 2022 mendatang.

"Ayo segera manfaatkan program pemutihan 2022. Segera datang ke Samsat terdekat," beber Kasubdit Regident Ditlantas Polda DIY, Kompol Novita Ekasari, kepada wartawan Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: Desa wisata di Sleman berbenah, siap sambut liburan akhir tahun, ini daftar destinasi unggulan

Dengan program pemutihan ini maka tidak ada denda apabila terlambat membayar pajak. Sehingga diharapkan, kebijakan ini menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran warga dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Menurut Kompol Novita, ada beberapa faktor yang membuat kebijakan ini diberlakukan. Selain untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, juga untuk persiapan penghapusan registrasi kendaraan bagi kendaraan yang habis masa berlaku stnknya ditambah dua tahun tidak melakukan pembayaran pajak.

Dengan demikian, sebelum kebijakan ini diberlakukan. Maka ada upaya memberikan kesempatan bagi pemilik kendaraan yang menunggak pajak lama bisa membayar sehingga registrasinya tetap aktif.

"Memang ada rencana penghapusan registrasi. Sebelum ini berlaku, maka diberikan kesempatan kendaraan yang mati pajaknya tetap teregister dan tidak kena denda," pungkasnya.*

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMP DIY Tahun 2023 Ditetapkan 28 November 2022

Minggu, 20 November 2022 | 17:30 WIB
X