Seleksi guru PPPK, Presiden Jokowi diminta bantu selesaikan masalah, ini masalahnya

- Jumat, 25 November 2022 | 10:30 WIB
Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim.  (ANTARA/HO- Dokumentasi Pribadi)
Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim. (ANTARA/HO- Dokumentasi Pribadi)


HARIAN MERAPI - Seleksi guru PPPK masih menyisakan persoalan serius. Untuk itu, Presiden Jokowi diminta turun tangan membantu penyelesaian masalah.


Permintaan tersebut disampaikan Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) seiring dengan peringatan Hari Guru Nasional.


"Dalam peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, nasib para guru khususnya guru honorer belum ada perubahan menuju perbaikan. Adapun seleksi guru PPPK yang semula diharapkan menjadi solusi atas minimnya kesejahteraan guru, ternyata makin terlihat carut-marut," ujar Koordinator Nasional P2G, Satriwan Salim, di Jakarta, Jumat.

Baca Juga: Kemenangan Brazil atas Serbia bawa korban, Neymar cedera pergelangan kaki, ini kondisinya

Dia menambahkan janji yang pernah diungkapkan Mendikbudristek dan Menpan RB untuk mengangkat 1 juta guru honorer menjadi ASN PPPK ternyata angan belaka. Pada 2021 hanya 293 ribu yang dapat formasi PPPK, padahal kita butuhnya 1 juta guru.

"Peringatan Hari Guru Nasional harus dijadikan momentum yang tepat bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengevaluasi semua kebijakannya mengenai guru," terang dia.

P2G menilai saat ini, kesejahteraan guru khususnya honorer masih jauh panggang dari api. Padahal negara berutang besar kepada guru honorer, yang berjumlah lebih dari 1 juta orang.

 Baca Juga: Bila warga miskin gantung diri, salah siapa ?

"Mereka masih digaji jauh di bawah UMP/UMK daerah. Rata-rata Rp500 ribu hingga 1juta per bulan. Padahal berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 14 yang mana guru berhak memperoleh penghasilan di atas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan sosial, " terang dia.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X