IKM tembakau lembutan prospektif tingkatkan kesejahteraan petani

- Rabu, 2 November 2022 | 18:52 WIB
Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Agus Sarwono menyampaikan paparan  (Foto : Istimewa)
Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Agus Sarwono menyampaikan paparan (Foto : Istimewa)

 

HARIAN MERAPI - Pemerintah Kabupaten Temanggung memacu pengembangan industri kecil menengah (IKM) tembakau lembutan (irisan halus) sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Temanggung, Agus Sarwono mengatakan pengembangan IKM terus dilakukan selain itu sumber daya pelaku usaha tembakau juga ditingkatkan kapasitasnya.

Agus Sarwono mengatakan itu pada workshop II pengembangan IKM tembakau lembutan Kabupaten Temanggung di Grant Artos Hotel & Convention Magelang, Rabu (2/11/2022).

Baca Juga: Elektabilitas Partai Golkar masih tinggi, bisa jadi modal penting pencalonan Airlangga

Dikatakan tujuan pelaksanaan workshop pengembangan IKM tembakau lembutan ini untuk meningkatkan sinergitas antara pengambil kebijakan, stakeholder terkait dan IKM tembakau lembutan dalam pengembangan IKM tembakau lembutan.

Selain itu, untuk merumuskan dan menyepakati bersama standar operasional prosedur (SOP) pembuatan tembakau lembutan Kabupaten Temanggung meliputi pengolahan secara original, herbal, blending, dan cerutu.

"Dalam kegiatan ini juga perlu menyepakati bersama logo tembakau lembutan Kabupaten Temanggung," ujarnya.

Agus mengatakan dengan mematuhi SOP pengolahan tembakau lembutan dan cerutu oleh IKM pertembakauan diharapkan dapat dihasilkan produk dan mutu yang konsisten.

Baca Juga: Aksi merawat sumbu filosofi 'Bank Sampah Jogja Heboh 2', lenggak-lenggok bawa poster Jogja darurat sampah

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X