• Minggu, 2 Oktober 2022

Siap-siap! Minggu depan harga BBM kemungkinan akan naik...

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 16:07 WIB
Tangkapan layar - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (19/8/2022).  (ANTARA/Youtube Kemenko Kemaritiman dan Investasi)
Tangkapan layar - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (19/8/2022). (ANTARA/Youtube Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

JAKARTA, harianmerapi.com - Presiden Jokowi (Jokowi) kemungkinan akan mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) minggu depan.

Sinyal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, yang dipantau secara daring dari Jakarta, Jumat (19/9/2022)

Luhut mengungkapkan, Presiden Jokowi telah mengindikasikan bahwa pemerintah tidak bisa terus mempertahankan harga solar dan pertalite di harga saat ini.

Baca Juga: Putri Candrawathi istri Ferdy Sambo ditetapkan jadi tersangka, Timsus Polri kantongi cukup bukti

"Itu modelling ekonominya saya kira sudah dibuat, nanti mungkin minggu depan Presiden akan mengumumkan mengenai apa, bagaimana, mengenai kenaikan harga ini," ujarnya.

"Jadi Presiden sudah mengindikasikan tidak mungkin kita pertahankan terus demikian, karena kita harga BBM termurah se-kawasan ini. Kita jauh lebih murah dari yang lain dan itu beban terlalu besar kepada APBN kita," tambah Luhut.

Luhut mengakui Indonesia sudah cukup baik menjaga laju inflasi di level yang terkendali saat ini.

Inflasi Indonesia pada Juli 2022 tercatat sebesar 4,94 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Inflasi Indonesia masih lebih rendah dari sejumlah negara lain seperti Amerika Serikat yang mencapai 8,5 persen; Uni Eropa sebesar 8,9 persen, bahkan Turki sudah mencapai 79,6 persen.

Baca Juga: Kapten PSS Sleman Bagus Nirwanto: siap tampil 'fight' hadapi Persib Bandung di Liga 1 malam ini

Namun, capaian inflasi ini melebihi dari batas atas sasaran tiga persen plus minus satu persen.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berkas kasus penistaan agama oleh Roy Suryo lengkap

Kamis, 29 September 2022 | 18:38 WIB
X