• Selasa, 27 September 2022

Puan Maharani sebut belum ada usulan kenaikan harga BBM dari pemerintah

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:25 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (kanan) dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (kiri) dalam jumpa pers usai Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022).  (ANTARA/Desca Lidya Natalia)
Ketua DPR RI Puan Maharani (kanan) dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (kiri) dalam jumpa pers usai Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022). (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

HARIAN MERAPI - Meski harga BBM di luar negeri sudah sangat tinggi namun menurut Ketua DPR RI Puan Maharani belum ada usulan kenaikan harga BBM dari pemerintah.

DPR, kata Puan Maharani, posisinya hanya menunggu usulan dari pemerintah jika ada kenaikan harga BBM, kemudian membahasnya.

Pemerintah menurut Puan Maharani masih memberikan subsidi BBM sebesar Rp592 triliun yang membuat belum ada kenaikan harga BBM.

Baca Juga: Presiden Jokowi tegaskan keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) tidak boleh berhenti

"Sampai hari ini belum ada usulan dari Pemerintah untuk menaikkan harga BBM, walaupun harga BBM di luar negeri itu sudah sangat tinggi," kata Puan Maharani dalam jumpa pers usai Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Usulan kenaikkan harga BBM menurut Puan Maharani akan bergantung pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023.

Apabila RAPBN dianggap tidak kuat untuk menahan laju dari perkembangan BBM secara global, maka tentu saja usulan itu nantinya akan diusulkan kepada DPR. "Tetapi sampai saat ini belum ada," kata Puan.

Baca Juga: Bahar Smith mengaku menerima vonis enam bulan 15 hari dari PN Bandung, langsung cium bendera Merah Putih

Sebelumnya, ketika Presiden Jokowi berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022), Jokowi mengungkapkan bahwa APBN berhasil surplus Rp106 triliun.

Oleh karena itu, Pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, LPG, dan listrik sebesar Rp502 triliun pada tahun 2022 agar harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri terbitkan surat telegram, 30 perwira dimutasi

Senin, 26 September 2022 | 10:20 WIB

Pansus BLBI DPD nilai penjualan BCA rugikan negara

Minggu, 25 September 2022 | 17:00 WIB
X