• Selasa, 27 September 2022

Ahli gestur dan mikroekspresi: Presiden Jokowi saat berpidato tunjukkan harapan dan keyakinan untuk Indonesia

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:36 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) memasuki ruang sidang saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).  (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj. )
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) memasuki ruang sidang saat menghadiri Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj. )

HARIAN MERAPI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut mempunyai harapan dan keyakinan untuk Indonesia yang terus bertumbuh saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Demikian menurut analis gestur dan mikroekspresi dari Asosiasi Psikologi Forensik (APSIFOR) Monica Kumalasari.

Dijelaskannya, tidak terlihat emosi atau ekspresi baik secara mikro maupun gestur saat Presiden menyampaikan apresiasi terhadap kinerja lembaga-lembaga negara.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR 2022, ini pidato selengkapnya

"Hal tersebut kongruen dengan isi pidato," ungkap Monica saat dihubungi ANTARA.

Awalnya, Presiden menyampaikan “Fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah ekonomi dunia yang sedang bergolak.

Di satu sisi, kita memang harus tetap waspada dan harus tetap hati-hati. Namun di sisi lain, agenda-agenda besar bangsa harus terus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia Maju".

Monica mencatat, ada mikroekspresi kemarahan saat mengatakan agenda-agenda besar bangsa harus terus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia Maju.

Presiden Jokowi saat itu mengenakan pakaian adat Paksian dari Provinsi Bangka Belitung dengan motif Pucuk Rebung yang melambangkan kerukunan, serta warna hijau yang melambangkan kesejukan, harapan dan pertumbuhan.

Baca Juga: Meriahkan ajang Persikindo, desainer muda Nikamtul Laili kenalkan batik tulis Nusantara

Menurut Monica, pesan Presiden melalui baju adat yang dikenakannya tercermin dalam pidato yang disampaikannya. Dalam pidatonya, beliau banyak membahas terkait pertumbuhan, kekuatan dan peluang.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri terbitkan surat telegram, 30 perwira dimutasi

Senin, 26 September 2022 | 10:20 WIB

Pansus BLBI DPD nilai penjualan BCA rugikan negara

Minggu, 25 September 2022 | 17:00 WIB
X