• Kamis, 29 September 2022

Tingkatkan ekonomi masyarakat, Presiden Joko Widodo tanam perdana kelapa genjah di Sanggang Bulu

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:50 WIB
Presiden Joko Widodo menanam perdana kelapa genjah di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo.  (Wahyu Imam Ibadi)
Presiden Joko Widodo menanam perdana kelapa genjah di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. (Wahyu Imam Ibadi)

 

SUKOHARJO, harianmerapi.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melakukan penanaman perdana kelapa genjah di Desa Sanggang Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Kamis (11/8/2022).

Penanaman dilakukan sebagai bagian dari peningkatan ekonomi di wilayah selatan Kabupaten Sukoharjo dengan memanfaatkan nira kelapa genjah untuk diproduksi menjadi gula semut. Secara nasional total direncanakan sebanyak 1 juta pohon kelapa genjah akan ditanam di sejumlah provinsi.

Penanaman perdana kelapa genjah dipimpin Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah pejabat. Usai penanaman perdana tersebut diikuti penanaman kelapa genjah serupa oleh warga masyarakat diseluruh Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Sukoharjo.

Baca Juga: Bertemu Jokowi dan Erick Thohir di CFD Solo, Ganjar: 'Reuni aja, lihat-lihat. Beliau hanya mau olahraga'

Presiden Joko Widodo usai penanaman mengatakan, kegiatan ini merupakan program menanam secara nasional kelapa genjah yang hasilnya baru bisa dilihat 2,5 tahun hingga 3 tahun bisa diambil buahnya. Dalam satu tahun produktivitas satu pohon kelapa genjah sebanyak 140 sampai 180 buah per tahun.

"Menanam secara nasional 1 juta pohon kelapa genjah kalikan saja hasilnya berapa. Tapi yang paling penting selagi ditanam disiapkan juga industrialisasinya karena apa kelapa ini bisa dipakai untuk gula semut untuk minyak kelapa. Disiapkan di tiap desa yang ada kelapa genjahnya dalam jumlah cukup banyak sehingga ada tambahan pendapatan income masyarakat," ujarnya.

Presiden Joko Widodo melanjutkan, dengan penanaman kelapa genjah juga membuat tanah menjadi produktif. Pekarangan dan kebun ditanami kelapa genjah mampu memberikan hasil.

Pemerintah pusat memberikan bantuan untuk Kabupaten Sukoharjo sebanyak 110 ribu kelapa genjah, Kabupaten Boyolali 44 ribu kelapa genjah dan Kabupaten Karanganyar 46 ribu kelapa genjah. Ketiga kabupaten tersebut menjadi daerah percontohan penanaman kelapa genjah.

"Setelah ini nantinya kelapa genjah akan didistribusikan ke provinsi lainnya," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dishub Sukoharjo temukan angkudes naikkan tarif

Kamis, 22 September 2022 | 17:50 WIB
X