Presiden Joko Widodo menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR 2022, ini pidato selengkapnya

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:24 WIB
   Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI pada Sidang Tahunan MPR Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022).  (ANTARA/Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI pada Sidang Tahunan MPR Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (16/8/2022). (ANTARA/Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

HARIAN MERAPI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022.

Isinya berupa tantangan maupun kesempatan bagi Indonesia untuk dapat menjadi negara yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Presiden Jokowi saat itu mengenakan Baju Paksian asal provinsi Bangka Belitung dominan hijau dan memiliki motif "pucuk rebung" yang melambangkan kerukunan,

Baca Juga: Meriahkan ajang Persikindo, desainer muda Nikamtul Laili kenalkan batik tulis Nusantara

sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Berikut isi pidato lengkap Presiden Jokowi:

Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air
Para hadirin yang berbahagia

Tantangan yang kita hadapi sangat berat. Semua negara,di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian. Krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit.

Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi. Seratus tujuh negara terdampak krisis, sebagian di antaranya diperkirakan jatuh bangkrut. Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan.

Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X