• Kamis, 29 September 2022

Kota Jogja targetkan 1.000 titik wifi publik tersebar di seluruh RW

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:00 WIB
Pengendara melintasi kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Senin (21/12/2020).  (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Pengendara melintasi kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Senin (21/12/2020). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)


HARIANMERAPI.COM - Kota Jogja menargetkan 1.000 titik wifi publik yang tersebar di seluruh RW.

“Angka 1.000 titik itu menjadi target kami. Pemenuhannya diupayakan bisa lebih dari target yang sudah ditetapkan,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta Tri Hastono, Minggu (14/8/2022).

Hingga saat ini sudah ada sekitar 920 titik wifi publik dengan spesifikasi kecepatan dan jangkauan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu sekitar 10-15 Mbps per titik.

Baca Juga: Kota Jogja berlakukan jam malam anak, Satpol PP sebut belum ada anak yang dijatuhi sanksi

Layanan wifi publik tersebut ditempatkan di lokasi yang dinilai strategis oleh masyarakat dan bisa diakses dengan mudah oleh warga yang membutuhkan, salah satunya di tempat pertemuan warga seperti Balai RW.

“Dengan ditempatkan di lokasi yang bisa diakses secara mudah oleh masyarakat, titik tersebut diharapkan berkembang menjadi pusat kegiatan masyarakat. Ada kegiatan pemberdayaan yang produktif,” katanya seperti dilansir dari Antara.

Selain di Balai RW, pemasangan wifi publik juga dilakukan di ruang terbuka hijau, pos ronda, gedung serbaguna, hingga rumah ibadah.

Baca Juga: Lokasi CCTV ETLE Terbaru di Jogja, Simak Cara Mengecek Data Tilang Elektronik Serta Dendanya

Pemenuhan target 1.000 titik wifi publik tersebut, lanjut Tri, tidak semata-mata dibiayai oleh APBD Kota Yogyakarta, tetapi bisa dibiayai melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Dari 920 titik yang sudah terpasang, hanya sekitar 350 titik wifi publik yang pengadaannya dibiayai langsung oleh APBD Kota Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X