• Rabu, 5 Oktober 2022

Pakan hingga manajemen air, faktor penting agar pertumbuhan nila merah bisa optimal

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 22:55 WIB
Benih ikan nila merah saat ditebar di kolam utama Mina Warta.  (Foto: Sulistyanto)
Benih ikan nila merah saat ditebar di kolam utama Mina Warta. (Foto: Sulistyanto)

SLEMAN, harianmerapi.com – Kelompok budidaya ikan Mina Warta di Margoluwih Seyegan Sleman memperoleh bantuan benih ikan nila merah 25 kg dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Kamis (11/8/2022).

Benih nila merah yang berasal dari pembenih ikan asal Seyegan Sleman, Sigit Paryono ditebar di kolam utama Mina Warta, salah satu lini usaha Koperasi Pena Kencana Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Ir Suparmono MM berharap bantuan tersebut dapat menjadi penyemangat tersendiri bagi Mina Warta dalam membudidayakan ikan secara baik.

Baca Juga: Ferdy Sambo marah dan emosi, setelah mendapat laporan dari istrinya

Lalu agar pertumbuhan ataupun perkembangan benih nila merah tersebut bisa optimal, ada beberapa faktor penting antara lain soal pakan, benih berkualitas, perawatan sampai manajemen air.

“Manajemen air yang baik antara lain disesuaikan dengan standar atau anjuran penyuluh perikanan setempat,” tandas Suparmono.

Jika benih ikan bisa tumbuh dengan baik dan akhirnya sudah ukuran konsumsi, sebutnya, bisa dijual ke pedagang ikan.

Bahkan bisa juga dijual ke konsumen langsung maupun dipancingkan, misalnya mengajak beberapa komunitas untuk mancing bareng.

Hal senada diungkap pula oleh salah satu petugas PPL dari BP4 Wilayah III Sleman (Seyegan, Tempel, Mlati), Satriyo Anggoro SPi, ada beberapa faktor penting sangat berpengaruh agar pertumbuhan nila bisa optimal.

Baca Juga: Kisah pohon jeruk misteri di Candimulyo Magelang, yang punah tahun 1990-an karena ditebang

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X