• Kamis, 29 September 2022

Garap ekosistem jahe merah, Kalbe rangkul kemitraan ribuan petani lewat Bintang Toedjoe Inovasi Natural

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Eko Susilo (32), salah satu petani mitra Bintang Toedjoe asal Dusun Sendang, Desa Urutsewu, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, yang sukses bertani jahe merah. (Foto: Sutriono)
Eko Susilo (32), salah satu petani mitra Bintang Toedjoe asal Dusun Sendang, Desa Urutsewu, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, yang sukses bertani jahe merah. (Foto: Sutriono)

HARIANMERAPI.COM – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) terus mengembangkan ekosistem jahe merah dengan menggandeng kemitraan bersama ribuan petani jahe merah.

Kalbe konsisten menggarap ekosistem jahe merah dengan memperkenalkan Negeri Jahe Merah yang dirancang khusus oleh unit bisnis Bintang Toedjoe Inovasi Natural (BINA).

BINA merupakan divisi Bintang Toedjoe yang fokus pada bahan baku natural, untuk mendukung keberlangsungan dan ketersediaan jahe merah terbaik.

Baca Juga: Kemendikbudristek dan Kalbe Consumer Health Ajak Anak-anak SD Senam 3M ABC

Head of Business Unit BINA, Sari Pramadiyanti mengutarakan, BINA mulai menggandeng kemitraan dengan petani jahe merah tahun 2017. Petani mulai menanam tahun 2019 dan panen tahun 2020.

"Saat ini sudah ada 1.500 mitra petani jahe merah yang bergabung dengan BINA. Mereka didampingi dari nol cara menanam jahe merah, hingga menghasilkan panen yang berkualitas dan berkuantitas," kata Sari Pramadiyanti dalam eksplorasi Negeri Jahe Merah di Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (9/8/2022).

Menurutnya, ekosistem jahe merah ini memiliki tujuh pilar proses, yakni pembibitan jahe merah, penanaman jahe merah, pasca panen, ekstraksi atau distilasi, farmakologi, komersialisasi, dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga: Manfaat Jahe Merah untuk Mendukung Daya Tahan Tubuh, Mengatasi Masuk Angin, Kesemutan dan Rematik

Dalam proses pembibitan jahe merah, lanjut Sari, BINA bekerjasama dengan Badan Riset Inovasi Nasional, PT Inagro dan Universitas Surabaya untuk menghasilkan benih jahe merah yang terstandarisasi.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daging bebek potong asal Pati kuasai pasar Jabodetabek

Senin, 19 September 2022 | 14:59 WIB
X