• Kamis, 6 Oktober 2022

TNI AL bakal beli rumah Pahlawan Yos Sudarso di Salatiga, kapan itu? Belum dijelaskan waktunya

- Senin, 1 Agustus 2022 | 19:23 WIB
Danlanal TNI AL Semarang,  Kolonel Haryono Masturi audensi dengan Pj Walikota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi.  (Dok. Prokompim Salatiga)
Danlanal TNI AL Semarang, Kolonel Haryono Masturi audensi dengan Pj Walikota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi. (Dok. Prokompim Salatiga)

SALATIGA, harianmerapi.com – TNI Angkatan Laut (AL) bakal membeli rumah Pahlawan Yos Sudarso di Salatiga untuk dijadikan tempat sejarah dan dikerjasamakan dengan Pemkot Salatiga.

Hal ini terungkap saat audiensi antara Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi dengan Penjabat (Pj) Walikota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi, Senin (1/8/2022).

Danlanal menyampaikan pihaknya siap menyemarakkan peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI di Salatiga.

Baca Juga: Perkembangan kasus tewasnya Brigadir J, Timsus Polri periksa petugas Smart Co Lab dan sopir Ferdy Sambo

Haryono mengatakan, karena ada sejarah yang besar dari Angkatan Laut (AL) di Kota Salatiga ini,TNI AL sangat interes dengan Salatiga.

Menurutnya, sudah ada permohonan tank marinir dan sudah disetujui tinggal pergeseran tempat. Sementara untuk permohonan bantuan pesawat TNI AL masih sedang dalam proses.

“Nanti pengiriman direncanakan bersamaan. Selanjutnya rumah Yos Sudarso rencananya bakal dibeli pihak Angkatan Laut (AL), dan selanjutnya pengelolaan diserahkan ke Pemerintah Kota Salatiga sebagai wisata edukasi dan sejarah,” ungkap Kolonel Marinir Hariyono Masturi seperti dikutip dari rilis Prokompim Setda Salatiga kepada wartawan, Senin.

Baca Juga: Beredar surat edaran terkait PTM terbaru, isinya apa saja?

Sinoeng dalam kesempatan tersebut memberikan dukungan terkait rencana TNI AL. “Saya berterima kasih atas program dan bantuan TNI AL kepada Kota Salatiga,” kata Pj Walikota.

Diketahui Kota Salatiga Jawa Tengah merupakan tempat kelahiran dan asal pahlawan nasional Yos Sudarso yang gugur dalam pertempuran di laut.*

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X