Polda DIY Fasilitasi Warga Banyakan Piyungan Bantul Pelatihan Budidaya Maggot

- Selasa, 26 Juli 2022 | 16:40 WIB
Peserta pelatihan mendapat penjelasan terkait budidaya maggot di kandang pembiakan maggot.  (Teguh Priyono)
Peserta pelatihan mendapat penjelasan terkait budidaya maggot di kandang pembiakan maggot. (Teguh Priyono)

HARIAN MERAPI - Memberdayakan masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar menjadi salah satu solusi bagi penanganan konflik yang sering terjadi di masyarakat.

Sebagai mana kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengelolaan sampah di TPA Piyungan, Bantul, melalui Budidaya Black Soldier Fly atau Maggot dalam rangka peningkatan ekonomi yang difasilitasi Polda DIY menggandeng Dinas Lingkungan Hidup DIY dengan peserta Kelompok Aliansi Banyakan Bergerak.

Pelatihan berlangsung di peternakan Maggot BSF Ketingan, Tirtoadi, Mlati, Sleman dengan nara sumber pengelola Maggot BSF Sus Endarto dan Susilawati S.E. Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Kasus mutilasi perempuan di Semarang, pelaku ternyata pernah mencabuli korban, hingga lahirkan anak laki-laki

Pelatihan diikuti 25 peserta warga Banyakan, Sitimulyo, Piyungan, Bantul yang tergabung dalam Kelompok Aliansi Banyakan Bergerak yang beberapa waktu lalu melakukan aksi penutupan akses jalan menuju TPA Piyungan.

"Pelatihan ini diharapkan dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat Banyakan dan juga menjadi salah satu solusi bagai mana memanfaatkan sampah yang ada di lingkungan mereka," ucap AKBP Dwi Prasetyo Nugroho,S.E., M.H, Kasubbit II Ditintelkam Polda DIY, kepada sejumlah awak media di sela pelatihan.

"Maggot sendiri memiliki nilai ekonomis tinggi dan terbukti banyak dibutuhkan untuk pakan berbagai ternak dan perikanan," tambahnya.

Lebih lanjut menurut Dwi, melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat mampu memanfaatkan potensi sampah yang ada di lingkungan mereka.

Baca Juga: Truk tronton terlibat kecelakaan lalu lintas di exit tol Colomadu tabrak Colt , satu meninggal

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X