• Kamis, 29 September 2022

Ganjar Minta Penambang yang Abaikan Izin untuk Bertobat

- Selasa, 12 Juli 2022 | 19:55 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat membuka Bimbingan Teknis Pelayanan Usaha Mineral kepada pemegang izin usaha pertambangan mineral yang digelar di Hotel Gets, Kota Semarang, Selasa (12/7/2022).  (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat membuka Bimbingan Teknis Pelayanan Usaha Mineral kepada pemegang izin usaha pertambangan mineral yang digelar di Hotel Gets, Kota Semarang, Selasa (12/7/2022). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

 

SEMARANG, harianmerapi.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo minta para pelaku usaha penambangan memperhatikan legalitas perizinan dan dampak lingkungan dari aktivitas penambangan galian C.

"Penting buat saya, agar para penambang tahu regulasinya, mereka mau mengurus izinnya, apa-apa mesti dilengkapi. Jangan takut untuk mengurus izin," katanya.

Ganjar juga mengajak pelaku penambangan yang masih mengabaikan perizinan sehingga usahanya merusak lingkungan segera bertobat.

Baca Juga: Cerita horor, pulang malam Jiman beli bakpao untuk anaknya, tapi sampai di rumah saat dibuka ternyata ...

"Ayolah tobat bareng karena banyak pelaku penambang yang sudah bagus. Mereka yang bagus bisa dijadikan contoh sehingga bisa memitigasi potensi-potensi kerusakan yang ada," kata Ganjar saat membuka Bimbingan Teknis Pelayanan Usaha Mineral kepada pemegang izin usaha pertambangan mineral di Kota Semarang, Selasa (12/7/2022.

Ganjar menegaskan bahwa pengurusan izin pertambangan itu gampang dan tidak pakai duit.

"Nggak pakai duit ini, beneran. Karena, itu rawan. Izin pertambangan itu rawan suap dan sudah ada berapa yang ditangkap karena izin pertambangan," ujarnya dalam bimtek pertambangan yang juga diikuti perwakilan dari Jatim dan D.I. Yogyakarta.

Menurut Ganjar, bimbingan teknis tersebut penting dilakukan apalagi ada pendelegasian kewenangan dalam konteks perizinan pertambangan dan hal itu perlu disosialisasikan kepada para penambang.

Baca Juga: Iko Uwais Lolos dari Jeratan Hukum Setelah Kasus Pelaporan Dugaan Penganiayaan Berakhir Damai

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X