• Selasa, 6 Desember 2022

DPKH Temukan 11 Kasus Cacing Hati pada Hewan Kurban Idul Adha di Gunungkidul

- Senin, 11 Juli 2022 | 17:13 WIB
Ilustrasi. Penyembelihan hewan kurban di SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta.  (Dok SMA Muhi Yogya)
Ilustrasi. Penyembelihan hewan kurban di SMA Muhammadiyah 1 (Muhi) Yogyakarta. (Dok SMA Muhi Yogya)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Jumlah temuan cacing hati pada hewan ternak kurban selama Hari Raya Idul Adha tahun ini menurun dibanding tahun lalu.

Tahun ini dari hewan kurban yang dipotong sebanyak 4.878 ekor hanya ditemukan 11 kasus cacing hati. Adapun temuan tersebut didapat berdasarkan pemantauan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Gunungkidul hingga saat ini.

"Temuan kasus tersebut mulai dari tingkat ringan hingga berat, terdiri dari sapi dan kambing," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, DPKH Gunungkidul, Retno Widyastuti Senin (11/7/2022).

Baca Juga: Sebuah Rumah Warga Siraman Wonosari Gunungkidul Hangus Terbakar, Ini Penyebabnya

Temuan cacing tersebut disebut sebagai fasciolasis atau infestasi cacing di hati ternak. Antara lain 9 sapi fasciolasis ringan, 1 kambing fasciolasis sedang, dan 1 sapi fasciolasis berat.

Selain itu juga ada temuan 1 kambing dengan cacing pita, juga ditemukan adanya 2 ekor sapi dan 1 kambing yang dinyatakan sebagai suspek Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ringan.

Data ini diperkirakan masih bisa berubah dan akan selaku diupdate. Sementara dari jumlah hewan ternak kurban ada 4.878 ekor hewan di Gunungkidul.

Baca Juga: Surat Pengunduran Diri Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Sudah Diterima Presiden Jokowi, Ini Langkah Selanjutnya

Paling banyak adalah kambing sebanyak 3.342 ekor, 1.508 ekor sapi, dan domba 28 ekor. Untuk lokasi pemotongan hewan kurban terbanyak berada di Kapanewon Semanu dengan sebanyak 137 titik.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X