• Selasa, 9 Agustus 2022

Jumlah Hewan Kurban yang Dipotong Rajendra Farm Kulon Progo pada Idul Adha 2022 Dibatasi Hanya 1.200 Ekor

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:30 WIB
Petugas melakukan pemeriksaan hewan ternak di Pasar Hewan Munggi, Gunung Kidul, mengantisipasi PMK. (Instagram @dpkhgunungkidul)
Petugas melakukan pemeriksaan hewan ternak di Pasar Hewan Munggi, Gunung Kidul, mengantisipasi PMK. (Instagram @dpkhgunungkidul)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang merebak akhir-akhir ini membuat peternakan Rajendra Farm Kulon Progo membatasi jumlah hewan kurban yang dipotong pada Idul Adha 2022.

Peternakan Rajendra Farm Kulon Progo membatasi hanya akan melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 1.200 ekor pada Idul Adha 2022.

Dengan pembatasan pemotongan hewan kurban pada Idul Adha 2022 ini maka terjadi penurunan jumlah hewan kurban yang dipotong di Rajendra Farm Kulon Progo dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga: Penyesuaian Tarif Listrik untuk 3.500 VA ke Atas Mulai 1 Juli 2022, PLN Minta Warga Bijak Pakai Listrik

Pada Idul Adha sebelum ada PMK, Rajendra Farm yang berada di Desa Ngargosari, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 5.000 ekor.

"Penyembelihan hewan kurban di lokasi peternakan, kami batasi sebanyak 1.200 ekor untuk mengatasi penyebaran PMK," kata Pemilik Peternakan Rajendra Farm Heri Kurniawan di Kulon Progo, Sabtu (25/6/2022).

Ia mengatakan hewan ternak yang disembelih dibeli dari Jawa Tengah, Lampung dan Medan jauh-jauh hari sebelum ada PMK. Sementara waktu ini, dirinya tidak mendatangkan ternak dari luar.

Baca Juga: Warga Indragiri Hilir Ditemukan Meninggal Akibat Diserang Buaya Saat Mencuci Perahunya

"Kami tidak mendatangkan hewan ternak dari luar. Kami tidak ingin, ternak yang ada di peternakan terpapar PMK," katanya.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Enam pejabat Kulon Progo berebut kursi Sekda

Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:30 WIB
X