• Kamis, 1 Desember 2022

PMK Menyerang Hewan Ternak di Gunungwungkal Pati, Banyak Sapi Hamil Keguguran

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:49 WIB
Peternak sapi Desa Sumberejo Kecamatan Gunungwungkal Pati mengikuti pelatihan pencegahan PMK.  (Alwi Alaydrus)
Peternak sapi Desa Sumberejo Kecamatan Gunungwungkal Pati mengikuti pelatihan pencegahan PMK. (Alwi Alaydrus)

PATI, harianmerapi.com - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) melanda hewan ternak terutama sapi di wilayah Gunungwungkal Kabupaten Pati.

Wabah PMK ini memantik keresahan para peternak di wilayah Gunungwungkal Kabupaten Pati. Karena, akibat pandemi tersebut, menyebabkan tidak sedikit sapi hamil sampai keguguran. Bahkan ada juga janin sapi mati di dalam kandungan.

Kepala Desa Sumberejo, Sururi dikabarkan sempat merasa kebingungan mendapati wabah PMK yang merugikan warganya, yang beternak sapi. Dia kemudian minta bantuan ke Pendamping Desa (PD) guna memecahkan masalah PMK.

Baca Juga: Ketahuan Curangi Konsumen, Sebuah SPBU di Serang Ditutup

Sebanyak 62 orang peternak sapi Desa Sumberejo akhirnya diundang PD setempat, untuk diberikan pelatihan penanganan PMK.

Pendamping Desa Sumberejo, Handoko mengungkapkan, materi pelatihan penanganan PMK, berisi pembuatan probiotic dan aplikasi Eco Enzyme.

"Saat ini belum ditemukan obat yang tepat, untuk mengobati sapi yang terkena PMK. Maka peternak harus melakukan sterilisasi kandang," ujarnya, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Belasungkawa Mendalam dari Para Tokoh atas Meninggalnya Rima Melati

Untuk campuran eco enzyme dan air untuk minum sapi, tambah Handoko, perbandingannya 1:1000. "Sedang untuk meningkatkan daya tahan tubuh sapi dari virus, perlu ditambahkan cairan probiotic 10 cc per hari," tuturnya.

"Dari aplikasi eco enzyme dan probiotic yang dilaksanakan selama dua hari, ternyata cukup mampu meredakan panas tubuh sapi," ucap Handoko.

Ditambahkannya, peternak juga diberikan pelatihan singkat bagaimana membuat dan mengembangkan probiotic yang berbasis bakteri lactobacilus. *

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menemui jalan rusak di Temanggung, adukan ke nomor ini

Selasa, 29 November 2022 | 13:55 WIB
X