• Selasa, 16 Agustus 2022

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemerintah Kembali Atur Protokol Kesehatan Kegiatan Berskala Besar

- Jumat, 24 Juni 2022 | 09:30 WIB
pemerintah kembali mengatur prokes untuk kegiatan skala besar. (laman covid19.go.id)
pemerintah kembali mengatur prokes untuk kegiatan skala besar. (laman covid19.go.id)



Harianmerapi.com - Seiring meningkatnya kasus Covid-19, Pemerintah kembali mengatur kegiatan masyarakat berskala besar.


Berkaitan itu, Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan SE Nomor 20/2022 yang mengatur tentang protokol kesehatan untuk kegiatan domestik/internasional berskala besar dengan peserta 1.000 orang atau lebih yang hadir secara fisik, atau ketika melibatkan perwakilan negara.

Seperti dilansir laman covid19.go.id, yang dikutip harianmerapi.com Jumat (24/6/2022), aturan tersebut di antaranya memuat kewajiban vaksinasi untuk partisipan.

Baca Juga: Usung Desain Mobil Listrik ARCANA, Tim Arjuna UGM Raih Juara Pertama Jakarta E-Prix 2022


Bagi anak berusia 6-17 tahun wajib sudah vaksinasi dosis kedua, sedangkan jika sudah berusia 18 tahun wajib sudah vaksinasi dosis ketiga (booster).


Sedang untuk anak berusia belum 6 tahun dan orang yang tidak divaksin karena komorbid, diharapkan tidak mengikuti kegiatan tersebut.

Terkait dengan skrining, secara spesifik untuk kegiatan yang melibatkan pejabat setingkat menteri ke atas (VVIP) wajib mensyaratkan hasil negatif PCR 2×24 jam.

Baca Juga: Dukung Penanggulangan Wabah PMK, Nestlé Salurkan Bantuan Rp 1,2 M untuk Mitra Peternak Sapi Perah di Jatim


Untuk kegiatan forum multilateral dan tidak melibatkan VVIP wajib memiliki prosedur pemeriksaan gejala, dan diimbau untuk mensyaratkan antigen.

Untuk kegiatan bukan forum multilateral dan tidak melibatkan VVIP, wajib memiliki prosedur pemeriksaan gejala, dan tes antigen bagi suspek Covid-19.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X