• Rabu, 29 Juni 2022

Presiden Jokowi Soal Batu Bata Harus Ber-SNI: Pengusaha Kecil Jangan Dipersulit

- Kamis, 26 Mei 2022 | 07:55 WIB
Tangkapan layar - Presiden Jokowi dalam Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa (24/5).  (ANTARA/Indra Arief)
Tangkapan layar - Presiden Jokowi dalam Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa (24/5). (ANTARA/Indra Arief)

JAKARTA, harianmerapi.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pengusaha kecil tak dipersulit untuk dapat masuk dalam e-katalog pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan pemerintah.

Presiden dalam Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Selasa (24/5/2022), mencontohkan bahwa semestinya tidak semua produk dari usaha kecil harus memenuhi syarat label Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kewajiban berlabel SNI semestinya disematkan pada produk-produk tertentu yang hanya terkait dengan keselamatan pengguna saja.

Baca Juga: Hasil Survei Indometer: Tingkat Kepuasan Publik Atas Kinerja Presiden Jokowi Mencapai 78,3 Persen

“Contoh helm itu harus SNI, itu benar. Hal-hal yang terkait bahaya misalnya kabel (harus SNI). Tapi kalau batu bata masa SNI? Kapan mereka bisa masuk e-katalog. Batu diminta SNI? Pasir diminta SNI?” kata Presiden Jokowi seperti dilansir dari Antara.

Presiden Jokowi melihat selama ini banyak pengusaha kecil yang kesulitan untuk masuk e-katalog program pengadaan barang dan jasa pemerintah karena syarat label SNI.

Adapun e-katalog adalah aplikasi belanja daring yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP). Aplikasi ini menyediakan berbagai macam produk dari pelbagai komoditas yang dibutuhkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Elon Musk Diundang Presiden Jokowi ke Indonesia November 2022, Begini Reaksinya

“Sudah saya sampaikan, jangan ruwet-ruwet dululah, semua produk harus SNI, yang kecil-kecil ini mana bisa,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Taman Nasional Komodo Perlu Pembatasan Pengunjung

Selasa, 28 Juni 2022 | 07:05 WIB
X