• Senin, 27 Juni 2022

Wakil Wali Kota Yogya Heroe Poerwadi Minta Kampung di Yogyakarta Segera Melengkapi Penanda, Ini Tujuannya

- Jumat, 20 Mei 2022 | 16:30 WIB
Penanda Kampung di Kampung Resonegaran Kelurahan Terban Yogyakarta yang diresmikan oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Jumat (20/5/2022).  (ANTARA/Eka AR)
Penanda Kampung di Kampung Resonegaran Kelurahan Terban Yogyakarta yang diresmikan oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Jumat (20/5/2022). (ANTARA/Eka AR)


JOGJA, harianmerapi.com - Seluruh kampung di Kota Jogja diminta segera melengkapi dengan penanda sebagai salah satu upaya mengenalkan kampung dan berbagai potensi yang dimiliki.


Permintaan tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di sela peresmian penanda kampung di Kelurahan Terban Yogyakarta, Jumat (20/5/2022).

"Biasanya, orang lebih mengenal nama jalan dan banyak yang belum mengenal nama kampung yang benar. Makanya, diperlukan penanda supaya lebih banyak yang kenal," kata Heroe Poerwadi.

Baca Juga: Cerita Lucu Telur Ayam Tetangga Didadar Ayam Sendiri Hilang dan Tangis Histeris Penggemar Artis Korea


Menurut dia, bentuk penanda kampung dapat disesuaikan dengan karakter sejarah pertumbuhan dan perkembangan kampung karena kondisi masing-masing kampung di Kota Yogyakarta berbeda-beda.

Nantinya, lanjut dia, keberadaan penanda kampung tersebut juga akan terus dikembangkan. Salah satunya dengan menyematkan QR Code yang berisi seluruh informasi mengenai kampung tersebut.

"Jadi tinggal dipindai. Nanti akan muncul informasi mengenai kampung yang dimaksud. Mulai dari arti nama, sejarah nama kampung, dan potensi di kampung tersebut," kata Heroe yang sebentar lagi mengakhiri masa jabatannya tersebut.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Jalur Selatan Jateng Akibatkan Satu Orang Meninggal

Di Kota Yogyakarta terdapat total 169 kampung dan masing-masing memiliki toponimi yang berbeda-beda.

Sementara itu, Lurah Terban Yogyakarta Sigit Kusuma Atmaja mengatakan di kelurahannya terdapat empat kampung yaitu Sagan, Resonegaran, Purbonegaran, dan Terban.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X