• Jumat, 8 Juli 2022

Warga Lereng Merapi Merayakan Tradisi Unik, Arak Hewan Ternak dalam Acara Bakdan Sapi Saat Lebaran Ketupat

- Senin, 9 Mei 2022 | 15:55 WIB
Tradisi unik, hewan ternak di Desa Sruni Kecamatan Musuk Boyolali diarak keliling kampung dalam acara bakdan sapi saat perayaan Lebaran ketupat.  (Mulyawan)
Tradisi unik, hewan ternak di Desa Sruni Kecamatan Musuk Boyolali diarak keliling kampung dalam acara bakdan sapi saat perayaan Lebaran ketupat. (Mulyawan)

BOYOLALI, harianmerapi.com - Sepekan usai Hari Raya Idul Fitri, warga di lereng Gunung Merapi merayakan tradisi unik.

Tradisi unik tersebut adalah mengarak hewan ternak mereka dalam acara bakdan sapi atau lebaran sapi bertepatan dengan lebaran ketupat.

Ratusan sapi ekor sapi dan kambing milik warga desa Sruni, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah diarak keliling kampung pada tradisi unik tersebut.

Baca Juga: Kisah KKN di Desa Penari (Versi Widya) Bagian 15 : Jajanan Hajatan Gaib Bikin Merinding, Ternyata Ini Wujudnya

Tradisi Syawalan Lebaran Ketupat tersebut diawali dengan berdoa bersama, dan dilanjutkan makan kenduri di sepanjang jalan utama Desa setempat yang diikuti seluruh warga yang mayoritas kehidupannya sebagai peternak sapi dan kambing.

Diterangkan oleh tokoh masyqrakat setempat, Jaman jika pada dua tahun lalu jumlah sapi yang diikutkan dalam acara ini terbatas karena pandemi Covid-19. Namun pada Senin (9/5/2022), jumlahnya lebih banyak.

"Tahun ini sudah diperbolehkan maka masyarakat antusias sekali dalam melaksanakan tradisi tersebut," jelasnya.

Baca Juga: Manfaatkan Pekarangan Nganggur untuk Beternak Kambing, Sekaligus Persiapan Purna Tugas

"Untuk tahun ini, kalau dihitung banyak sekali, kalau setiap keluarga mengeluarkan sapinya bisa hampir 100an," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X