• Senin, 26 September 2022

Penganut Islam Aboge Salat Idul Fitri Rabu Hari Ini, Ini Keyakinan Mereka

- Rabu, 4 Mei 2022 | 11:17 WIB
 Anggota Polsek Wangon mengamankan pelaksanaan Salat Id dan silaturahmi yang digelar penganut Islam Aboge di Masjid Jami Baitussalam, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Rabu (4/5/2022). ( ANTARA/Sumarwoto)
Anggota Polsek Wangon mengamankan pelaksanaan Salat Id dan silaturahmi yang digelar penganut Islam Aboge di Masjid Jami Baitussalam, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Rabu (4/5/2022). ( ANTARA/Sumarwoto)


BANYUMAS, harianmerapi.com - Penganut Islam Aboge (Alif Rebo Wage) menyelenggarakan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Masjid Jami Baitussalam, Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (4/5/2022).


Berkaitan kegiatan tersebut, Kepolisian Sektor Wangon mengamankan pelaksanaan Salat Id yang digelar penganut Islam Aboge.


Kepala Polsek Wangon Ajun Komisaris Polisi Suprijadi mengatakan kegiatan pengamanan tersebut melibatkan tiga anggota Polsek Wangon dan Koramil Wangon.

Baca Juga: Lalulintas di Jalur Pantura Timur Kudus Masih Sepi, Didominasi Pengendara Masyarakat Lokal

"Tujuannya untuk mengamankan kegiatan masyarakat. Kami mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan atau hal-hal lain di luar dugaan," katanya.

Dalam hal ini, Shalat Id di Masjid Jami Baitussalam diikuti sekitar 500 jamaah Aboge. Sementara saat silaturahmi digelar usai Shalat Id, tidak hanya diikuti jamaah Aboge, juga melibatkan warga yang telah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah pada pada hari Senin (2/5).

Kapolsek mengatakan berdasarkan informasi, pelaksanaan Shalat Id penganut Islam Aboge dipusatkan di Masjid Jami Baitussalam karena warga di Dusun Gandarusa telah melaksanakannya pada hari Senin (2/5) meskipun perayaannya pada hari Rabu (4/5).

Selain di Kecamatan Wangon, penganut Islam Aboge di Kabupaten Banyumas juga tersebar di sejumlah kecamatan, antara lain Ajibarang, Pekuncen, dan Gumelar.

Baca Juga: Shanghai Dilockdown, Warga Kreatif Gunakan NFT Rekam Masa-masa Sulit

Penganut Islam Aboge memiliki perhitungan sendiri untuk menentukan tanggal 1 Syawal maupun peringatan Hari Besar Islam lainnya.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X