• Sabtu, 20 Agustus 2022

Misa Malam Paskah, Paus Fransiskus Mengutuk Kekejaman Perang di Ukraina

- Minggu, 17 April 2022 | 11:15 WIB
Paus Fransiskus memimpin kebaktian Jumat Agung di Basilika Santo Petrus di Vatikan, 15 April 2022.  (ANTARA/Reuters/Remo Casilli)
Paus Fransiskus memimpin kebaktian Jumat Agung di Basilika Santo Petrus di Vatikan, 15 April 2022. (ANTARA/Reuters/Remo Casilli)

 

VATICAN CITY, harianmerapi.com - Paus Fransiskus mengutuk kekejaman perang di Ukraina pada Misa malam Paskah Sabtu (16/4/2022). Dia hadir tapi tak memimpin Misa, mungkin karena sakit kaki yang memaksanya untuk membatasi kegiatan.

Misa dihadiri oleh Ivan Fedorov, wali kota Melitopol, yang ditahan oleh pasukan Rusia bulan lalu dan kemudian dibebaskan dalam pertukaran tahanan.

Kardinal Italia Giovanni Battista Re menggantikan Paus memimpin kebaktian itu, yang melibatkan prosesi dalam kegelapan hampir menyeluruh di bagian tengah gereja terbesar Dunia Kekristenan itu.

Baca Juga: Serangan Tentara Israel ke Masjidil Aqsa, FPKS Minta Internasional Tegas Hentikan Kebiadaban Israel

Paus duduk di depan Basilika Santo Petrus di kursi putih besar di samping, tampak waspada dan berdiri selama pembacaan Injil.

Dia membaca homili sambil duduk tapi dengan suara normal dan kemudian bangkit untuk membaptis tujuh orang yang memeluk Agama Katolik.

Paus berpaling dari teks yang disiapkan untuk menyapa Fedorov, keluarganya dan tiga anggota parlemen Ukraina yang duduk di depan.

Dia berbicara tentang "kegelapan perang, kekejaman".

Baca Juga: Darah Tumpah Lagi di Jogja, Tak Selalu Pelakunya Klitih

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X