• Jumat, 12 Agustus 2022

Gubernur DIY Targetkan Pengurangan Ketimpangan Wilayah dan Pendapatan Masyarakat

- Kamis, 14 April 2022 | 22:35 WIB
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X  (ANTARA/Luqman Hakim)
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X (ANTARA/Luqman Hakim)

JOGJA, harianmerapi.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap pemerintah kabupaten/kota serta DPRD DIY mendukung target pengurangan ketimpangan wilayah dan pendapatan masyarakat dalam perencanaan pembangunan DIY 2023.

"Dokumen perencanaan yang akan kita hasilkan ini harus 'bisa adil'. Dalam arti bisa dinikmati dan dirasakan oleh semua lapisan masyarakat DIY, kurangi ketimpangan wilayah dan jadikan kebahagiaan dan kemakmuran masyarakat sebagai tujuan akhir," kata Sultan dalam pembukaan Musrenbang RKPD DIY Tahun 2023 di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Jogja, Kamis (14/4/2022).

Ia berharap pemerintah kabupaten/kota di wilayah DIY dapat bersama-sama mewujudkan peningkatan dan pemerataan layanan dasar, sekaligus untuk mewujudkan indikator-indikator pembangunan yang telah disepakati bersama.

Baca Juga: Kapolri Antisipasi Titik Rawan Kemacetan di 23 Gate Tol Saat Arus Mudik

Indikator pembangunan itu utamanya yang terkait dengan penguatan kapasitas sumber daya manusia, penguatan kapasitas ekonomi, penguatan kapasitas infrastruktur dan penguatan kapasitas tata kelola pemerintahan.

"Kepada DPRD DIY sebagai mitra kerja pemerintah daerah, saya berharap dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam merumuskan program dan pendanaan yang lebih 'pro poor' dan mampu mengurangi ketimpangan wilayah serta ketimpangan pendapatan," kata Sri Sultan.

Kepada pemerintah pusat, ia juga berharap pemberian dukungan program dan pendanaan terkait berbagai upaya mengatasi isu-isu pembangunan yang masih dihadapi DIY saat ini, seperti kemiskinan, ketimpangan wilayah dan ketimpangan pendapatan.

Baca Juga: Polri Amankan 117 Orang Tersangka Kasus Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

Ia berharap dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) DIY Tahun 2023 mampu menjadi dokumen yang membumi.

Berbagai tujuan dan sasaran pembangunan, menurut dia, harus realistis dan mampu dicapai sebagai target serta mampu menjawab permasalahan-permasalahan pembangunan yang ada.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X