• Rabu, 29 Juni 2022

11 Desa Budaya di DIY Awali Pentas Seni Kelurahan dan Desa Budaya 2022 Secara Daring

- Rabu, 23 Maret 2022 | 20:43 WIB
Kesenian Kethoprak Bendho Gembol Milik dari Desa Tayuban Panjatan Kulon Progo  (Humas Disbud DIY)
Kesenian Kethoprak Bendho Gembol Milik dari Desa Tayuban Panjatan Kulon Progo (Humas Disbud DIY)

JOGJA, harianmerapi.com - Sepanjang tahun 2022 sebanyak 76 kalurahan DAN desa budaya di DIY tampil dalam Pentas Seni Desa Budaya 2022 secara daring melalui live streaming Youtube Channel tasteofjogja Disbud DIY.

Diawali pada Selasa (22/3/2022) sebanyak 11 kalurahan budaya seperti Giripurwo, Sumberrejo, Tayuban, Dlingo, Bangunkerto, Jatimulyo, Sinduharjo, Putat,
Gilangharjo, Bejiharjo dan Girirejo tampil menghibur untuk mengenalkan potensi seni budayanya kepada masyarakat secara luas.

Pentas seni desa budaya yang didanai oleh Dana Keistimewaan DIY tersebut dilaksanakan di ruang Bima lantai 2 Dinas Kebudayaan (Kundho Kabudayan) DIY dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,

Baca Juga: Perjuangan Nyi Mas Pakungwati 4: Di Tengah Kekacauan Memutuskan Pergi ke Banten dan Terus Berdakwah

seluruh pengisi acara sudah divaksin dan melakukan tes antigen.

Pemotongan Tumpeng oleh Dian Lakshmi Pratiwi selaku Kepala Dinas Kebudayaan DIY (Humas Disbud DIY)

Pentas Seni Desa Budaya 2022 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kundho Kabudayan) DIY Dian Lakhsmi Pratiwi SS,M.A.,

Dalam sambutannya Dian menyebut terdapat 76 desa budaya DIY yang akan tampil mengenalkan seni budaya unggulan masing-masing, dimana 11 desa tampil mengawali gelaran tersebut dengan mengusung tema Nyawiji yang berarti konsentrasi total, tetapi tidak menimbulkan ketegangan jiwa.

Dian juga berharap pentas seni tersebut dapat diapresiasi oleh masyarakat DIY khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Baca Juga: Pengalaman Mistis Saat SLTP di Sekolah Angker, Ada Siswa Kesurupan Jaran Mengeluarkan Suara Ringkikan

“Pentas seni desa budaya merupakan bagian dari eksistensi dan menjaga budaya kesenian tradisonal yang dikemas secara menarik dan komunikatif, dengan menampilkan unsur koreografi. Di tahun ini terdapat 76 desa budaya se DIY yang akan tampil, 11 desa budaya mengawali kegiatan pentas seni ini” kata Dian.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Coffee Morning Bersama Komunitas Bandara YIA

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:03 WIB
X