• Rabu, 7 Desember 2022

Hasil Survei DSI: Partai Golkar Moncer, Elektabilitas Airlangga Hartarto Tertinggi pada Pemilu 2024

- Jumat, 18 Maret 2022 | 20:15 WIB
Nama Airlangga Hartarto mengemuka dalam survei capres diduetkan dengan Ganjar Pranowo (Foto: instagram @airlanggahartarto)
Nama Airlangga Hartarto mengemuka dalam survei capres diduetkan dengan Ganjar Pranowo (Foto: instagram @airlanggahartarto)

 

JAKARTA, harianmerapi.com - Partai Golkar unggul perolehan suara jika Pemilu digelar hari ini. Demikian pula Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memiliki elektabilitas tertinggi.

Hal ini dikemukakan Lembaga penelitian Dinamika Survei Indonesia (DSI) saat mengumumkan hasil penelitian tentang persepsi masyarakat terhadap dinamika politik nasional menjelang Pemilu 2024.

"Hasil penelitian DSI menempatkan Partai Golkar unggul jika Pemilu dan digelar hari ini. Begitu juga Ketua Umum Airlangga Hartarto menempati posisi tertinggi pilihan responden," kata Koordinator Survei Nasional DSI, Permadi Yuswiryanto di Jakarta, Jumat (18/3/2022).

Baca Juga: Airlangga Hartarto Targetkan Yogyakarta Sebagai Lumbung Suara

Survei, menurut Permadi, digelar di 34 provinsi di Indonesia pada 2-15 Maret 2022 dengan sampel warga berumur di atas 17 tahun yang sudah memiliki hak pilih.

Asumsinya, mereka memiliki pandangan terhadap peran partai politik dan dinamika politik nasional, sehingga diharapkan dalam memberikan penilaian lebih objektif dan dapat diterima.

Menurutnya, responden tersebar di 479 kabupaten/kota berdasarkan jumlah pemilih pada Pilpres 2019, yaitu 190,77 juta jiwa. Oleh karenanya penelitian ini dalam menentukan respoden terpilih atau sample menggunakan metode multisatge random sampling.

Baca Juga: Penundaan Pemilu 2024 Merupakan Penghianatan Reformasi Total, Pengamat : Sudahi Wacana Itu

"Jumlah respoden terpilih dalam penelitian ini sebanyak 2.500 orang dan memliki ukuran kepastian mengenai seberapa akurat sampel mencerminkan populasi sebesar 95 persen dengan margin of error 1,92 peersen," ujarnya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X