• Senin, 23 Mei 2022

Ayah Cabuli Anak Kandung Dituntut Hukuman 18 Tahun Penjara dan Denda Rp 1 Miliar

- Jumat, 28 Januari 2022 | 11:01 WIB
 Mar terdakwa pencabulan anak kandung saat gelar perkara di Polres Salatiga.  (Foto: Edy Susanto )
Mar terdakwa pencabulan anak kandung saat gelar perkara di Polres Salatiga. (Foto: Edy Susanto )

SALATIGA, harianmerapi. com - Mar (42) warga di wilayah Kecamatan Sidomukti, Salatiga dituntut 18 tahun pidana penjara dan denda Rp 1 miliar pada sidang di PN Salatiga, Kamis (27/1/2022).

"Terdakwa Mar telah melakukan tindakan pencabulan kepada anak kandungya sejak anak usia 4 dan 5 tahun sampai korban usia sekolah SMP, " tandas Kajari Salatiga, Moch Riza Wisnu Wardhana dalam rilis yang dikirim Kasi Intelijen Kejari Salatiga, Ariefullah, Jumat (28/1/2022).

Tuntutan ini dibacakan jaksa Asri Dwi Utama SH. Dalam tuntutannya ini Jaksa juga mengatakan terdakwa berdasarkan fakta-fakta yang terungkap di persidangan terbukti secara sah melakukan tindak pidana persetubuhan terhadap anak yang dilakukan oleh orang yang mempunyai hubungan keluarga, yaitu terhadap korban yang merupakan anak kandung.

Baca Juga: Video Viral Mobil Mewah Dirusak Massa Di Bantul, Begini Kronologi Lengkap Menurut Polisi

Perbuatan terdakwa telah berlangsung sejak anak berusia sekitar 4 atau 5 tahun. saat ini Korban sudah berusia 16 tahun. Dalam tuntutannya, penuntut umum menyatakan terdakwa telah terbukti melanggar Pasal 81 Ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Kemudian menjadi Undang-Undang Jo. Pasal 76D Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Baca Juga: Kasus Mingguan Covid-19 Indonesia Lebihi Afrika Selatan, Desakan Hentikan PTM 100 Menguat, Ini Alasannya


Setelah dibacakan Tuntutan, maka agenda sidang berikutnya pembelaan terdakwa. "Agenda sidang selanjutnya pledoi (pembelaaan) terdakwa, " katanya.
Diberitakan Mar diringkus petugas Polres Salatiga lantaran memcabuli anak kandungnya. *

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR RI Kritik PPN Hasil Pertanian Tertentu

Minggu, 15 Mei 2022 | 16:30 WIB
X