• Kamis, 26 Mei 2022

Tanaman Pangan Ludes Diserang Monyet, Petani Gunungkidul Resah: Lahan Dijaga Tetap Diserang Hama

- Jumat, 7 Januari 2022 | 13:44 WIB
Bupati Gunungkidul saksikan penangkapan monyet ekor panjang beberapa waktu lalu. Monyet ekor panjang kini meresahkan petani Gunungkidul. (Foto: Bambang Purwanto)
Bupati Gunungkidul saksikan penangkapan monyet ekor panjang beberapa waktu lalu. Monyet ekor panjang kini meresahkan petani Gunungkidul. (Foto: Bambang Purwanto)

GUNUNGKIDUL,harianmerapi.com-Ratusan petani di Kalurahan Banyusoco, Kapanewon Playen, Gunungkidul diresahkan serangan kawanan monyet ekor panjang yang menyerang tanaman pangan di lahan-lahan miliknya.

Berbagai upaya mengantisipasi dampak yang lebih meluas, para petani sampai harus memasang jaring dan menghalaunya dengan berbagai alat, tetapi tidak membuahkan hasil.

Salah seorang petani warga Padukuhan Klepu, Kalurahan Banyusoco, Kapanewon Playen bernama Sukadi (50) mengungkapkan, tanaman jagung yang baru berumur kurang lebih 2 bulan miliknya habis dimakan hewan mamalia atau monyet ekor panjang.

Baca Juga: Pensiunan di Kulon Progo Lalai Tak Kunci Stang, Motor pun Raib Dibawa Kabur Pencuri

“Sudah kami pasangi jaring sampai memutar mengelilingi ladang, hal ini agar kera tidak bisa masuk tetapi masih saja bisa masuk,” katanya, Jumat (7/1/2022).

Bahkan tidak hanya memasang jaring, Sukadi bersama petani lain juga rela berangkat pagi buta hingga pulang dari ladang saat sore. Kawanan monyet ekor panjang yang merusak tanamannya tersebut merupakan kelompok yang sudah ada sejak 5 tahun yang lalu dan menyerang tanaman pangan dengan berkoloni.

Namun dari rentang waktu lima tahun terakhir paling rahat baru terjadi pada tahun ini. “Sudah berbagai upaya kami lakukan, yang saya heran rombongan kera ini bisa masuk tanpa sepengetahuan orang, padahal banyak orang yang berjaga,”imbuhnya.

Hal serupa di lungkapkan oleh Suparto (42) warga Padukuhan Sanglor 2, Kalurahan Girisuko, Kapanewon Panggang.Tanaman jagung miliknya juga tak luput dari serangan hama monyet ekor panjang.

Baca Juga: Detik-detik 2 Bocah di Gunungkidul Lolos dari Penculikan: Berontak Saat Diseret Pelaku ke Dalam Mobil

Menurutnya petani di wilayahnya sampai kewalahan karena jumlah kawanan monyet ekor panjang yang menyerang tanaman jagung mencapai ratusan ekor. Terkait dengan serangan monyet ekor panjang ini pihaknya meminta pemerintah dapat membantu mengatasinya.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X