• Selasa, 30 November 2021

Sebelum Tetapkan UMK 2022, Ganjar Pranowo Minta Masukan Buruh Terlebih Dahulu

- Jumat, 26 November 2021 | 06:30 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional di SLB Negeri Semarang, Kamis (25/11/2021).  (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng/am.)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional di SLB Negeri Semarang, Kamis (25/11/2021). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng/am.)

SEMARANG, harianmerapi.com - Struktur skala upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2022 akan diumumkan pada Selasa (30/11/2021).

Sebelum menjadi keputusan tetap, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih meminta masukan terlebih dahulu dari kalangan buruh.

"Kita punya waktu empat hari mulai hari ini, besok Jumat, Sabtu, Minggu, dan Senin karena Selasa kami putuskan UMK," kata Ganjar usai menemui perwakilan buruh yang tergabung dalam Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (FKSPN) di kantor Gubernur Jateng, Semarang, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Anak Jual Perabot Ibu Karena Pacar, Mengaku Kapok dan Beri Pesan 'Ambyar' Seperti Ini

Ganjar pun berharap dalam waktu empat hari tersebut dapat diformulasikan mengenai struktur skala upah.

Disampaikan Ganjar, masukan buruh sangat bagus karena yang bersangkutan memahami betul Peraturan Pemerintah Nomor 36 dan mengunci dengan formulasi yang jelas sehingga gubernur tidak memiliki kewenangan dalam menentukan upah minimum.

"Sudah sekarang dibuat, formula ini yang saya minta disiapkan oleh kawan-kawan yang bekerja bareng-bareng. Biar tidak menunggu waktu, kalau tidak bisa hari ini ya kita minta empat hari ini untuk bisa menyampaikan," ujarnya.

Baca Juga: Dedi Mulyadi Didemo Mahasiswa, Lakukan Hal Ini untuk Minta Maaf

Terkait ketentuan tambahan struktur skala upah, Ganjar menyebut para buruh juga mengapresiasinya, namun buruh masih memberikan tuntutan agar struktur skala upah itu didetilkan, meskipun tidak bisa ada pada surat keputusan gubernur.

"Nah hari ini mereka kita 'sandera' sebentar untuk mendetailkan, maka kami minta mereka untuk rapat bersama. Masukan mereka soal struktur skala upah dan buruh dengan masa kerja di atas satu tahun itu seperti apa," katanya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X