• Senin, 6 Desember 2021

Pemkab Sleman Apresiasi Kelompok Pengelola Sampah Mandiri dengan Bantuan Hibah

- Senin, 18 Oktober 2021 | 18:27 WIB
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan bantuan sarana berupa motor roda 3 untuk operasional TPS3R. (Humas Pemkab Sleman)
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan bantuan sarana berupa motor roda 3 untuk operasional TPS3R. (Humas Pemkab Sleman)

SLEMAN, harianmerapi.com - Kelompok Pengelola Sampah Mandiri (KPSM) menerima bantuan hibah berupa sarana dan prasarana dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Dinas Lingkungan Hidup.

Hibah tersebut sebagai bentuk apresiasi, yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo kepada perwakilan Ketua Kelompok Pengelola Sampah Mandiri, Senin (18/10/2021), di TPS3R Brama Muda, Dayakan, Sardonoharjo, Ngaglik Sleman.

Disampaikan Bupati Sleman Kustini Purnomo, bantuan sarana dan prasarana yang diberikan tersebut merupakan bentuk apresiasi Pemkab Sleman kepada Kelompok pengelola sampah mandiri di Kabupaten Sleman yang terdiri dari Bank Sampah dan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R), karena telah membantu berkontribusi dalam mengurangi sampah di masyarakat.

Baca Juga: Terdakwa Sate Sianida Nani Apriliani Nurjaman Nangis di Persidangan Saat Bandiman Memaafkan Perbuatannya

“Ini merupakan bentuk apresiasi Pemkab Sleman untuk mendukung kegiatan pengelolaan sampah, saya harap bantuan ini dapat dimanfaatkan secara optimal,” kata Kustini.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat Sleman untuk melakukan pengelolaan sampah mandiri yang dimulai dari keluarga masing – masing, dimana setiap keluarga melakukan pemilahan sampah sejak dalam rumah tangga. Sampah anorganik dikelola bank sampah, dan sampah organik dikelola dengan pembuatan kompos rumah tangga.

“Harapannya, agar sampah ini dikelola atau bahkan bahkan bermanfaat menambah ekonomi keluarga,” katanya.

Baca Juga: Kasus Larangan Pengibaran Merah Putih, Menpora dan LADI Minta Maaf

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman Dwi Anta Sudibya mengatakan dengan adanya TPS3R dan Bank Sampah tersebut mampu mengurangi permasalahan sampah di Kabupaten Sleman.

“Terbukti pengelolaan sampah di TPS3R perhari mencapai 94,16%, sedangkan untuk persentase sampah terkelola oleh Bank Sampah perhari mencapai 61,87%,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X