• Selasa, 7 Desember 2021

Dongkrak Ekonomi Masa Pandemi Covid-19, Pemerintah Izinkan Semua Negara Masuk Indonesia

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 12:30 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.  (Foto: Dokumentasi Kemenkomarves)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Dokumentasi Kemenkomarves)

JAKARTA, harianmerapi.com - Pemerintah pusat secara resmi membuka perjalanan Internasional bagi 19 negara terpilih untuk bisa melakukan perjalanan tujuan Bali dan Kepulauan Riau (Kepri). Hal ini dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi di Indonesia.

"Daftar 19 negara yang masuk ke Indonesia ini hanya berlaku khusus untuk penerbangan langsung ke Bali dan Kepri," ujar Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dikutip pada laman Kemenkomarves, Jumat (15/10/2021).

Sedangkan semua negara lainnya termasuk 19 negara yang ditetapkan juga tetap dapat masuk ke Indonesia melalui jalur Jakarta dan Manado.

Baca Juga: Jasad Bocah yang Diterkam Buaya di Kabupaten Buru Akhirnya Ditemukan

Secara sederhana, semua negara dapat masuk ke Indonesia dengan beberapa aturan yang telah ditentukan yakni masa karantina dan beberapa dokumen kesehatan.

"Lama karantina ini selama 5 hari dan itu tidak hanya berlaku di Bali dan Kepri, tetapi juga di pintu masuk lainnya, baik udara, darat, maupun laut, dan berlaku bagi semua jenis pelaku perjalanan seperti PMI, TKA, ASN, WNI/WNA umum," jelas Luhut.

Semua jenis pelaku perjalanan wajib mengikuti persyaratan sebelum dan saat kedatangan yakni melampirkan bukti vaksinasi 2 kali dengan waktu minimal 14 hari sebelum keberangkatan berbahasa Inggris dan memiliki hasil tes PCR negatif kurun waktu 3x24 jam.

Baca Juga: Seleksi Jabatan Eselon 2, Sebanyak 18 Pejabat Eselon 3 Salatiga Dinyatakan Lulus Uji Kompetensi UNS

Luhut menegaskan selama proses karantina berlangsung, tidak diperbolehkan keluar dari tempat karantina sebelum waktunya dan dilakukan kembali tes PCR pada hari ke-4.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X