• Jumat, 12 Agustus 2022

Wakil Ketua MPR Ingatkan Generasi Muda Harus Pandai Gunakan Medsos di Tengah Informasi Hoaks

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 13:40 WIB
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid melakukan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di SMA Bina Putera, Kopo, Serang, Banten, Jumat (8/10/2021).  (ANTARA/HO-MPR RI)
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid melakukan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di SMA Bina Putera, Kopo, Serang, Banten, Jumat (8/10/2021). (ANTARA/HO-MPR RI)

JAKARTA, harianmerapi.com - Generasi muda harus pandai menggunakan media sosial (medsos) di tengah membanjirnya informasi hoks, fitnah dan berita bohong di dunia maya.


Hal tersebut diingatkan Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid atau Gus Jazil dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (10/10/2021).

"Mari kita gunakan medsos dengan baik. Saat ini banyak sekali berita hoaks, fitnah banjir di medsos, namun kita harus mampu menyaring informasi, kalau tidak maka akan menjadi masalah bagi bangsa ini," kata Jazilul Fawaid saat melakukan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di SMA Bina Putera, Kopo, Serang, Banten, Jumat (8/10).

Baca Juga: Kepala Desa Berpeluang Lanjutkan Pendidikan Hingga S3, Simak Penjelasan Mendes

Dia mengatakan di era modern kehidupan masyarakat tidak bisa dilepaskan dengan digitalisasi, misalnya, untuk berdagang, mengajar, transaksi bahkan apa pun jenis aktivitasnya tidak luput dengan dunia digital.

Gus Jazil menekankan, para guru di sekolah harus memberikan pengajaran literasi digital kepada anak didiknya seperti bagaimana menggunakan teknologi informasi, khususnya medsos dengan baik.

"Bagaimana mereka bisa memilah informasi yang palsu, hoaks, dan informasi yang produktif bagi anak-anak, ini perlu ada pengarahan dari para guru," ujarnya.

Baca Juga: Hampir Seluruh Kelurahan di Kota Surabaya Zona Hijau, Bisa Jadi Contoh Pengendalian Covid-19

Dia mengatakan, medsos ibarat dua sisi mata pisau yang bisa menimbulkan dampak positif di satu sisi, dan dampak negatif di sisi lain.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferdy Sambo terancam hukuman mati

Selasa, 9 Agustus 2022 | 20:55 WIB
X