• Minggu, 23 Januari 2022

Kapal Tuna Handline Hasil Temuan KKP Diserahkan Menteri Trenggono kepada Nelayan Bitung

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 11:50 WIB
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono mendorong penguatan SDM untuk dongkrak industri perikanan Bitung. (Dok kkp.go.id)
Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono mendorong penguatan SDM untuk dongkrak industri perikanan Bitung. (Dok kkp.go.id)

BITUNG, harianmerapi.com – Satu kapal tuna handline hasil temuan diserahkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono pada Koperasi Karunia di Kota Bitung Sulawei Utara.

Kapal ikan FB. KIAMBA itu berukuran 7 GT dengan alat tangkap tuna handline. Kapal tuna handline itu merupakan barang hasil pengawasan.

FB. KIAMBA ini dilengkapi dengan mesin, alat navigasi dan alat tangkap pancing tuna. Selanjutnya kapal ikan yang ditemukan pada tanggal 17 Mei 2020 di wilayah perairan Laut Sulawesi tersebut, akan dimanfaatkan oleh para nelayan untuk melakukan penangkapan ikan tuna di wilayah perairan Sulawesi Utara.

Baca Juga: KKP Hadirkan Layanan E-PKL atau Elektronik Perjanjian Kerja Laut

Sedangkan Koperasi Karunia adalah koperasi yang beranggotakan para nelayan di wilayah Kota Bitung.

Menteri Trenggono menyerahkan satu unit kapal tersebut di sela-sela kunjungan kerja di Kota Bitung. Penyerahan itu memberikan pesan tentang pentingnya pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan dalam mendukung peningkatan kesejahteraan nelayan.

“Ini tentu sebuah hal yang positif, jadi pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan ini bukan hanya semata-mata menjaga kedaulatan dan menindak pelanggaran tetapi juga ikut berkontribusi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan nelayan,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono di Pangkalan PSDKP Bitung dilansir dari laman resmi KKP, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: Serahkan Kapal Hasil Pengawasan, Menteri Trenggono Tegaskan Peran Pengawasan Untuk Kesejahteraan Nelayan

Menteri Trenggono menjelaskan dirinya telah menginstruksikan jajaran Ditjen PSDKP untuk berkoordinasi dengan pihak terkait tentang potensi pemanfaatan kapal sitaan/rampasan untuk nelayan Indonesia.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: kkp.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Jember

Senin, 17 Januari 2022 | 08:30 WIB

Gempa Bumi Banten, BPBD Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa

Minggu, 16 Januari 2022 | 17:45 WIB
X