• Selasa, 26 Oktober 2021

46 Koperasi di Pati Bermasalah, Sumber Masalahnya Internal dan Eksternal

- Rabu, 22 September 2021 | 15:54 WIB
Logo Kementerian Koperasi dan UKM (Foto: Kementerian Koperasi dan UKM.)
Logo Kementerian Koperasi dan UKM (Foto: Kementerian Koperasi dan UKM.)

PATI, harianmerapi.com - Dari 626 koperasi di Pati, didapatkan 347 yang tidak aktif. Dan sebanyak 46 dalam kondisi bermasalah. Demikian diungkapkan Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Pati, Dewi Sartina Sari.

"Koperasi tidak aktif, jumlahnya lebih dari 50 persen. Ini dibuktikan pengelola koperasi tidak melaporkan aktivitas ke Dinkop UMKM Pati," ujarnya saat ditemui wartawan, Rabu (22/9/2021).

Dewi Sartina Sari menyebutkan, koperasi yang menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) hanya 279. Sedang koperasi yang menghadapi masalah ada 46.

Baca Juga: Terekam CCTV, Begal Payudara di Pati Ditangkap

Sumber masalah di koperasi dari internal maupun eksternal. "Sumber masalah ada yang dari anggotanya, juga dari pihak luar," ujarnya.

Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Pati itu memaparkan indikasi koperasi tidak aktif. Di antaranya tidak aktif secara kelembagaan atau tidak melakukan rapat anggota tahunan (RAT). Atau tidak aktif secara usaha, dan koperasi bermasalah.

"Kami siap mendampingi koperasi agar selalu aktif. Selain itu, juga akan diadakan pelatihan untuk meningkatkan mutu koperasi," tambahnya. *

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Susulan Guncang Ambarawa

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 11:13 WIB

Gempa Guncang Salatiga dan Ambarawa

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 09:56 WIB
X