• Rabu, 5 Oktober 2022

Kapsul SpaceX Bawa Empat Warga Sipil Mendarat di Florida

- Minggu, 19 September 2021 | 10:55 WIB
Inspiration4 crew Jared Isaacman, Sian Proctor, Hayley Arceneaux, and Chris Sembroski, seen on their first day in space in this handout photo released on September 17, 2021.  (via REUTERS/SpaceX)
Inspiration4 crew Jared Isaacman, Sian Proctor, Hayley Arceneaux, and Chris Sembroski, seen on their first day in space in this handout photo released on September 17, 2021. (via REUTERS/SpaceX)

JAKARTA, harianmerapi.com - Setelah menerbangkan kapsul berawak masyarakat sipil ke luar angkasa menggunakan kapsul SpaceX Crew Dragon bernama “Resilience”, akhirnya SpaceX mendaratkan keempat masyarakat sipil tersebut di laut yang tenang di kawasan Florida pada Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Mengutip Reuters, Minggu (19/9/2021), mendaratkan kapsul berisikan masyarakat awam itu disiarkan langsung oleh SpaceX di kanal YouTube-nya dan menjadi sinyal dari pariwisata luar angkasa yang diidam-idamkan oleh pemilik SpaceX yaitu Elon Musk.

Dalam satu jam empat anggota awak terlihat muncul satu per satu dari palka samping kapsul dengan tersenyum puas. Terlihat juga bagian kapsul yang tampak hangus di bagian luarnya setelah perjalanan mengorbit di angkasa luar.

Baca Juga: El Salvador Jadi Negara Pertama yang Memakai Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran

Kembali kapsul SpaceX dari orbit nampak seperti terjun melalui atmosfer bumi, kejadian itu menghasilkan gesekan panas yang mengirim suhu di sekitar bagian luar kapsul melonjak ke 3.500 derajat Fahrenheit (1.927 derajat Celcius).

Beruntung pakaian yang dikenakan para astronot awam itu dipasang sistem ventilasi khusus, dirancang agar tetap dingin jika kabin memanas.

Tepuk tangan terdengar dari pusat kendali penerbangan SpaceX di pinggiran kota Los Angeles saat parasut pertama terlihat dikerahkan, memperlambat penurunan kapsul menjadi sekitar 15 mil per jam (24,14 kilometer per jam) sebelum jatuh, dan akhirnya tepuk tangan kembali meriuh saat pesawat tiba di air tenang.

Setelah menjalani pemeriksaan usai keluar dari kapsul, para astronot kembali disambut dengan meriah.

Baca Juga: El Salvador Efek! Honduras, Guatemala Hingga Ukraina Tertarik Melegalkan Kripto

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Helikopter hilang kontak di Perak Malaysia

Minggu, 11 September 2022 | 21:00 WIB
X