• Selasa, 26 Oktober 2021

Pemerintah Dorong Pemanfaatan TI Guna Lindungi Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

- Sabtu, 18 September 2021 | 20:27 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatikan Johnny G. Plate.  (ANTARA/HO-Kemkominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatikan Johnny G. Plate. (ANTARA/HO-Kemkominfo)


JAKARTA, harianmerapi.com - Guna melindungi masyarakat dalam beraktivitas dan kehidupan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah mendorong perlunya pemanfaatan teknologi informasi .

Berkaitan itu Pemerintah menyediakan aplikasi PeduliLindungi yang dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk mendukung kegiatan selama pandemi Covid-19.


"Dalam rangka menuju hidup berdampingan dengan Covid-19, pemerintah tengah mempersiapkan peta jalan dan infrastruktur pendukungnya. Kepada masyarakat, kami mendorong untuk disiplin memakai masker, segera vaksinasi dan juga memanfaatkan teknologi informasi," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, dalam keterangan pers, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga: Risma-Anies-Ariza Berpotensi Bersaing pada Pilkada DKI 2024, Ini Hasil Survei JRC

Aplikasi tersebut berguna untuk penelusuran kontak oleh pemerintah sehingga kasus baru positif Covid-19 bisa segera ditangani.

 

PeduliLindungi juga memiliki fungsi screening agar masyarakat bisa merasa aman dan nyaman saat beraktivitas di ruang pubilk, meski pun virus corona masih ada.

Epidemiolog dan peneliti senior Kamaluddin Latief, dalam keterangan yang sama, menyatakan penggunaan teknologi dalam aplikasi surveilans untuk mencegah menular sangat diperlukan.

Pemenfaatan teknologi terbukti efektif dalam kehidupan sehari-hari di negara maju, seperti Korea Selatan, Jepang, Singapura dan Taiwan.

Baca Juga: 5 Film yang Dapat Membangkitkan Jiwa Aktivismu

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Terbang, Ini Aturan Terbaru dari Kemenhub

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:12 WIB
X