• Rabu, 20 Oktober 2021

Uang Infak Masjid di Yogya Selama 2 Tahun Dicuri, Jumlahnya Rp 50 Juta

- Jumat, 10 September 2021 | 16:26 WIB
 Polisi menunjukkan pelaku dan barang bukti pencurian kotak infak. (Foto: Humas Polsekta Umbulharjo)
Polisi menunjukkan pelaku dan barang bukti pencurian kotak infak. (Foto: Humas Polsekta Umbulharjo)

YOGYA, harianmerapi.com- Seorang pemuda, MA (26) warga Banjararum Kalibawang Kulon Progo, nekat mencuri kotak infak di Masjid Al-Ikhlas Sorosutan Umbulharjo Yogya. Uang hasil pencurian cukup besar, yakni Rp 50 juta. Dia kemudian ditangkap aparat Polsek Umbulharjo.

Dari hari pemeriksaan polisi, aksi pelaku ini sudah dilakukan sebanyak dua kali di tempat yang sama "Modus pelaku pura-pura salat dzuhur. Saat situasi sepi, pelaku kemudian mengambil uang yang disimpan di kotak amal," kata Kapolsek Umbulharjo, Kompol Achmad Setyo Budiantoro, Jumat (10/9/2021).

Menurut Achmad, hasil kejahatan pelaku digunakan untuk kepentingan pribadi. Mulai dari membeli magic com, setrika merk Miyako, pisau merk Bolde, dan membayar kontrakan.

Baca Juga: Tak Punya Uang, Buruh Warga Sleman Nekat Curi 23 Tabung Elpiji Milik Anggota Polisi

Menurutnya, pelaku langsung menghabiskan uang hasil curiannya itu. "Tidak ada uang yang tersisa. Seluruhnya telah digunakan untuk kepentingan pribadi," katanya.

Kanit Reskrim Polsek Umbulharjo, Iptu Nuri Ariyanto menambahkan, aksi pelaku dilakukan dalam kurun waktu Juli-Agustus 2021. Berdasarkan penuturan takmir masjid Al-Ikhlas, uang yang berhasil dicuri oleh pelaku kisaran Rp 50 juta.

"Kotak infaq tidak dibuka selama 2 tahun. Jumlah nominal ini merupakan akumulasi dari kedua kotak infaq yang digasak tersangka. Tapi pengakuan pelaku hanya Rp 6,5 juta," ucapnya.

Baca Juga: 3 Kotak Infak Masjid Al Ilham Kronggahan Dibuang Pencuri di Pinggir Jalan Dusun Jaten Sendangadi Sleman

Dia menjelaskan pelaku dikenali dari rekaman kamera CCTV. Dari pemeriksaan kamera CCTV, terlihat pelaku sedang duduk di dekat kotak infak.

Setelah memastikan situasi aman, pelaku merusak gembok kotak infak, kemudian uang diambil secara bertahap saat kondisi sepi.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Terkini

Stok Darah PMI Jogja Hari Ini, Selasa 19 Oktober 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:10 WIB

77 Karyawan Pinjol Ilegal Dipulangkan ke Jogja

Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:35 WIB
X