• Rabu, 20 Oktober 2021

Durasi Kunjungan Wisatawan Malioboro Dibatasi Dua Jam, Pemkot Yogya Siapkan Simulasi

- Rabu, 1 September 2021 | 19:37 WIB
Arsip Foto - Suasana kawasan Jalan Malioboro di Kota Yogyakarta pada masa penerapan PPKM untuk mengendalikan penularan Covid-19.  (ANTARA/HO-Humas Pemkot Yogyakarta)
Arsip Foto - Suasana kawasan Jalan Malioboro di Kota Yogyakarta pada masa penerapan PPKM untuk mengendalikan penularan Covid-19. (ANTARA/HO-Humas Pemkot Yogyakarta)

 

YOGYA, harianmerapi.com - Meskipun PPKM di Kota Yogyakarta masih diberlakukan di level empat, namun persiapan untuk membuka kembali pariwisata tetap dilakukan dengan menggelar simulasi di antaranya aturan masuk Malioboro yang dibatasi dua jam saja.

“Kami sudah melakukan uji coba atau simulasi, mulai dari kedatangan wisatawan di tempat khusus parkir sampai saat mereka akan masuk ke Malioboro,” kata Kepala Unit Pelaksana Tugas Kawasan Cagar Budaya Yogyakarta Ekwanto, Rabu (1/9/2021).

Dalam simulasi tersebut, dilakukan pengecekan barcode yang wajib dipindai oleh pengunjung atau wisatawan yang datang, pengecekan suhu tubuh, kelengkapan masker dan dokumen perjalanan serta alur wisatawan masuk ke Malioboro.

Baca Juga: Berkunjung ke Malioboro Bakal Dibatasi, 15 Menit Sebelum Waktu Habis Diingatkan Lewat WhatsApp

Dimungkinkan, lanjut dia, ada kepadatan pengunjung yang datang ke Malioboro dalam waktu yang sama sehingga akan diberlakukan semacam antrean untuk masuk ke kawasan utama wisata di Yogyakarta tersebut.

“Tujuannya supaya tidak terjadi kerumunan pengunjung sehingga perlu ada pembatasan-pembatasan,” katanya.

Sesuai rencana, UPT Kawasan Cagar Budaya akan memberlakukan pembatasan durasi kunjungan di Malioboro yaitu maksimal dua jam untuk wisatawan dan bus pariwisata diizinkan berada di tempat khusus parkir maksimal tiga jam.

“Bus diberikan durasi lebih panjang karena wisatawan dimungkinkan tidak bisa serta merta turun karena ada antrean masuk ke Malioboro. Bisa saja bus harus menunggu setengah jam baru diperbolehkan menurunkan penumpang,” katanya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Stok Darah PMI Jogja Hari Ini, Selasa 19 Oktober 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:10 WIB

77 Karyawan Pinjol Ilegal Dipulangkan ke Jogja

Minggu, 17 Oktober 2021 | 08:35 WIB
X