• Rabu, 7 Desember 2022

Festival Pasar Terapung Kalimantan Selatan masuk Kharisma Event Nusantara

- Minggu, 30 Oktober 2022 | 14:00 WIB
Gambaran ramainya gelar Festival Pasar Terapung Lok Baintan di Kabupaten Banjar, Kalsel yang dihadiri staf Menteri Kemenperekraf RI di sungai Martapura, Minggu. (30/10/2022).  (ANTARA/Sukarli)
Gambaran ramainya gelar Festival Pasar Terapung Lok Baintan di Kabupaten Banjar, Kalsel yang dihadiri staf Menteri Kemenperekraf RI di sungai Martapura, Minggu. (30/10/2022). (ANTARA/Sukarli)

HARIAN MERAPI - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyatakan, Festival Pasar Terapung Lok Baintan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, masuk daftar Kharisma Event Nusantara 2022.

"Ada tiga kegiatan di Kalsel yang masuk daftar Kharisma Event Nusantara 2022, yaitu Festival Saijaan di Kotabaru, Festival Loksado di Hulu Sungai Selatan, dan Festival Pasar Terapung di Lok Baintan di Kabupaten Banjar ini," ujar Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Usaha Kemenparekraf Dadang Rizki Ratman seperti dilansir dari Antara.

Dadang hadir langsung menyampaikan sambutan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno pada gelar Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2022 di Dermaga Desa Sungai Pinang Lama, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalsel, Minggu (30//10/2022).

Baca Juga: Wayang Jogja Night Carnival 2022 usung Lokananta Arjuna Anugraha, catat jadwal dan rute pawainya

Menurut dia, Festival Pasar Terapung Lok Baintan sukses memberikan tontonan luar biasa bagi masyarakat dan wisatawan dengan gambaran ratusan pedagang yang rata-rata ibu-ibu memakai sampan di Sungai Martapura tersebut.

Menurut Dadang lagi, ada tiga manfaat dilaksanakannya kegiatan ini, pertama manfaat ekonomi yang sangat terlihat dengan banyak wisatawan yang datang dan bertransaksi dengan para pedagang pasar terapung.

Manfaat kedua adalah sosial budaya, karena pasar terapung merupakan kebudayaan khas masyarakat Kalsel, khususnya di daerah Sungai Martapura Kabupaten Banjar.

Baca Juga: Alasan Sophia Latjuba sangat menyukai Kartu Kredit Jenius Visa yang diluncurkan Bank BTPN

"Dengan kegiatan ini semoga kebudayaan ini terus lestari," ucapnya.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X