• Senin, 26 September 2022

Melon Madu Miliki Cita Rasa Manis dan Segar, Kandungan Vitamin C-nya Tingkatkan Imunitas Tubuh

- Selasa, 17 Mei 2022 | 11:45 WIB
Melon madu mempunyai kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. ( Foto: Sulistyanto)
Melon madu mempunyai kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. ( Foto: Sulistyanto)


JOGJA, harianmerapi.com – Saat menyambangi sentra penjualan buah-buahan, selain bisa menemukan jenis melon biasa, ada pula melon madu. Khususnya melon madu ketika sudah matang sempurna memiliki cita rasa manis, lezat dan segar.

Selain bisa dikonsumsi langsung, melon madu cocok pula dicampurkan pada es buah, bahan baku membuat salad sampai rujak buah. Kandungan nutrisi dalam melon madu antara lain vitamin C, A, B6, K, protein, serat, magnesium, folat dan potasium.

Dengan demikian dapat disimpulkan pula dengan kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral tersebut menjadikan melon madu bisa memberi manfaat kesehatan pada manusia. Sejumlah literatur menyebutkan, kandungan kalium, magnesium, natrium dan kalsium pada melon madu bagus untuk menghidrasi tubuh pasca olahraga maupun saat/pasca sakit.

Baca Juga: 89.443 Guru PAI Laksanakan Seleksi Akademik PPG, Ini Data Lengkapnya

Khususnya kandungan kalsium pada melon, bisa bermanfaat pula untuk membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Sedangkan kadar air yang ada pada melon madu, antara lain bisa memberi efek menyejukkan bagi badan.

Dengan kata lain, melon madu bisa berperan meredakan panas dalam serta bermanfaat untuk membersihkan ginjal akibat sisa metabolisme. Tak kalah penting, adanya kandungan vitamin C bisa membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh.

Adanya kandungan vitamin C pada daging melon madu bisa berperan pula untuk memproduksi kolagen. Sedangkan kolagen berperan untuk memperbaiki dan memelihara jaringan kulit.

Baca Juga: Dul Jaelani Mengaku Tak Terbebani Nama Besar Orangtua, Ahmad Dhani-Maia Estianty

Tak ketinggalan, daging melon madu mengandung banyak serat yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Bahkan bagus juga untuk membantu menghindarkan maupun menurunkan berat badan berlebih.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X