• Selasa, 16 Agustus 2022

Resep Sederhana Olahan Daging Buah Sirsak dengan Cita Rasa Manis, Asam dan Segar

- Minggu, 27 Februari 2022 | 08:00 WIB
Minuman berbahan daging buah sirsak, bercita rasa manis, asam dan segar.  (Foto : Sulistyanto)
Minuman berbahan daging buah sirsak, bercita rasa manis, asam dan segar. (Foto : Sulistyanto)



JOGJA, harianmerapi.com – Daging buah sirsak dapat dinikmati secara langsung, dibuat minuman jus buah maupun dijadikan beberapa olahan dengan cita rasa khas.

Salah satu olahan daging buah sirsak dengan perpaduan cita rasa seperti manis, asam dan menyegarkan, yakni wedang sirsak. Selain itu masih ada olahan-olahan lain berbahan sirsak.

Resep sederhana membuat olahan daging buah sirsak, yakni wedang sirsak dapat pula dipelajari dari berbagai sumber, termasuk buku resep masakan/minuman.

Baca Juga: Mantan Juara Dunia Tinju Kelas Berat Vitali Klitschko Angkat Senjata Bela Ukraina yang Diinvasi Rusia

Langkah pembuatannya, diawali dengan merebus air dan ditambah gula merah, gula pasir serta garam. Setelah mendidih ditambah daging buah sirsak yang sudah dibuang biji-bijinya. Lalu ditunggu kisaran dua menit, segera diangkat dan wedang sirsak siap disajikan.

Lain halnya jika daging buah sirsak diolah menjadi selai, yaitu menggunakan bahan–bahan: sirsak sudah matang (satu buah), air (500 ml), gula pasir (250 gram) serta natrium benzoate (seperempat sendok teh).

Cara membuatnya, buah sirsak dibelah menjadi dua bagian. Lalu dikeruk daging buahnya dengan bantuan sendok makan, dan dibuang biji-bijinya.

Baca Juga: Mantan Juara Dunia Tinju Kelas Berat Vitali Klitschko Angkat Senjata Bela Ukraina yang Diinvasi Rusia

Bahan ini lalu disaring sambil ditekan-tekan, sehingga dari daging buah sirsak keluar sari buahnya. Bahan ini disisihkan terlebih dahulu, dan ampas yang sudah sudah diambil sari buahnya diblender hingga halus.

Setelah itu proses memasak halus tersebut ditambah sari buah sirsak menggunakan api sedang dan sambil diaduk-aduk hingga kental. Selanjutnya ditambah gula pasir, dimasak kembali sampai benar-benar kental dan gula larut.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mi Hot Plate, Lezat Disantap Saat Masih Panas

Senin, 16 Mei 2022 | 20:56 WIB

Manfaat Yogurt untuk Tubuh Saat Berpuasa

Kamis, 28 April 2022 | 17:15 WIB
X