• Minggu, 23 Januari 2022

Berkenalan Lebih Dalam dengan Hj Nuri: Guru TK, Kepala Sekolah, Pelukis Sekaligus Sutradara

- Jumat, 14 Januari 2022 | 12:40 WIB
 Hj Nuri dan salah satu lukisan abstraknya berjudul Universal Love.  (Foto : Sulistyanto)
Hj Nuri dan salah satu lukisan abstraknya berjudul Universal Love. (Foto : Sulistyanto)


JOGJA, harianmerapi.com – Selain mempunyai hobi hobi teater, sebagian pengurus dan anggota Teater Wanita Ngunandhika (WN) punya hobi melukis. Salah satu yang punya hobi melukis dan teater, yaitu Hj Nuri Isnaini yang punya profesi sebagai guru TK sekaligus kepala sekolah TK Pertiwi 20 di kawasan Kasihan Bantul.

Dari hobi melukis, ia sudah menghasilkan beberapa karya lukis abstrak dengan media kanvas dengan beberapa ukuran. Adapun karya lukisannya yang diikutkan dalam pameran untuk menyemarakkan pemutaran film pendek Kerudung Truntum Sang Dalang (KTSD), belum lama ini, yaitu berjudul Universal Love.

Ada beberapa inspirasi penting, sehingga ia membuat lukisan tersebut, antara lain cinta harus menyeluruh, memiliki dasar yang kuat dan kokoh. Cinta kepada sesama manusia harus dijaga serta ada kasih sayang.

Baca Juga: Cara Dapat Vaksin Booster Gratis, Segera Lakukan Dua Langkah Ini Termasuk Cara Cek Tiket di PeduliLindungi

“Cinta kepada alam harus dijaga kelestariannya agar memancarkan keindahan. Cinta yang hakiki adalah kepada Yang Maha Pencipta, yang mencipta jagat raya beserta isinya serta tempat kita kembali. Ini kalau menurut saya,” papar Hj Nuri.

Hobi melukis, sebutnya, sudah sejak remaja, yakni senang corat-coret di kanvas berupa lukisan dengan aliran abstrak. Pasalnya, hobi melukis serta menikmati seni lukis termasuk bagian dari suka keindahan.

Bahkan dalam Hadist Riwayat Muslim disebutkan, bahwa Allah Maha Indah dan mencintai keindahan. Arti dari Hadist tersebut sebagai berikut: “Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan.”

Baca Juga: Bocoran Film Layangan Putus Episode 9 Tayang 14 Januari 2022: Aris Tak Mau Minta Maaf, Persilakan Kinan Pergi

Sedangkan hobi teater sudah dijalani sejak, ia masih SMA. Dalam perjalanannya, bisa bertemu dengan beberapa wanita yang sama-sama senang seni teater lalu mendirikan Teater WN. Kelompok teater ini sudah pernah pentas di berbagai daerah, dan biasa menjalin kerja sama dengan beberapa pihak.

“Ketika WN akan memproduksi film pendek KTSD saya mendapat amanah menjadi sutradara. Ini pengalaman pertama saya di bidang film, karena sebelumnya pernah menjadi sutradara baru dalam pementasan teater,” terang Hj Nuri.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X