• Selasa, 19 Oktober 2021

Kisah dan Pesona Ratu Kalinyamat 3: Raden Toyib Lolos Uji dan Menikah dengan Sang Ratu

- Jumat, 17 September 2021 | 08:02 WIB
Ratu Kalinyamat dengan Pangeran Toyib akhirnya menikah. (Ilustrasi Pramono Estu)
Ratu Kalinyamat dengan Pangeran Toyib akhirnya menikah. (Ilustrasi Pramono Estu)

RATU Kalinyamat memiliki kebiasaan menguji tamu atau orang yang datang kepadanya untuk menginap di istana dan tidur di kamar pribadinya. Tidak sedikit yang akhirnya dihukum mati karena telah mencoba melakukan hal yang tidak senonoh kepada ratu.

Hal ini pun dicobakan kepada Raden Toyib, bahkan sudah berkali-kali tetapi tidak berhasil. Akhirnya Ratu Kalinyamat pun yakin dan meminta Raden Toyib menikahinya.

Reden Toyib pun tidak menolak dan dengan senang hati menikai Ratu Kalinyamat. Tahta pemerintahan pun diberikan Ratu kepada Sultan Hadirin atau Pangeran Kalinyamat suaminya.

Baca Juga: Manfaat Awar-awar untuk Bantu Atasi Bisul dan Gatal-gatal

Setelah Pangeran Toyib menikah dengan Ratu Kalinyamat, ayah angkatnya diangkat menjadi adipati dan berganti nama menjadi pangeran Sungging Badar Duwung yang berarti seorang ahli seni ukir atau ahli pahat.

Keahlian ayah angkat Sultan Hadirin ini pun membekas pada hiasan ukiran di dinding masjid Mantingan. Selain itu, Ayah angkat pangeran Hadirin ini pun mengajarkan seni ukir kepada penduduk Jepara.

Bahkan dalam kesibukannya sebagai Mangkubumi Kadipaten Jepara, Badar Duwung selalu menyempatakan waktunya untuk mengukir pada batu yang khusus didatangkan dari negeri Cina.

Baca Juga: Diganggu Hantu Usus 3: Pergi Sakit, Pulang Sudah Sehat Walafiat

***

Tahun 1594, Sunan Prawata raja keempat Demak tewas dibunuh utusan Arya Penangsang, sepupu Ratu Kalinyaman yang menjadi adipati Jipang.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hilang Ditelan Siluman karena Masuk Hutan Larangan

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:15 WIB

Kakak Kesurupan, Setannya Bilang Suka Sama Aku

Minggu, 17 Oktober 2021 | 22:00 WIB

Mensyukuri Nikmat 33: Menyesal Telah Menikah Muda

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:50 WIB
X