• Selasa, 16 Agustus 2022

Bengle Atasi Sakit Kepala dan Atasi Bayi Rewel di Malam Hari

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 12:11 WIB
          Bagian rimpang atau akar tanaman bengle memiliki khasiat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Bagian rimpang atau akar tanaman bengle memiliki khasiat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Tanaman bengle termasuk jenis yang dikenal mempunyai beberapa khasiat kesehatan, yakni dengan memanfaatkan bagian rimpang atau akar tanaman tersebut.

Bahan alami berkhasiat ini antara lain bisa dikombinasi  dengan dlingo. Bagian yang dimanfaatkan, yakni sama-sama bagian rimpangnya.

Resep sederhana yang bisa diterapkan, yaitu bagian rimpang kedua tanaman tersebut diparut, sehingga bisa menjadi wujud seperti bubur atau pasta.

Bahan ini jika dioleskan pada dahi sebagai pilis akan menjadi musuh bebuyutan serangan sakit kepala. Dengan izin Yang Maha Kuasa, cukup menggunakan bahan alami tersebut, tanpa perlu membeli obat berbahan kimia diharapkan bisa segera sembuh.  

Baca Juga: Blackberry Bantu Jaga Imunitas Tubuh

Selain itu berkhasiat sebagai aroma terapi, seperti membantu mengatasi bayi yang suka rewel pada malam hari. Caranya, cukup memarut rimpang kedua bahan tersebut (bengle dan dlingo). Hasilnya lalu diborehkan pada perut bayi, sehari misalnya dua kali.

Lain halnya jika digunakan sebagai musuh sakit kuning, yakni dapat membuat ramuan sederhana berbahan  rimpang bengle. Bahan ini sekitar  setengah sampau dua jari dicuci bersih menggunakan air mengalir.

Setelah itu diparut dan hasilnya bisa ditambah air masak secukupnya serta  madu murni sekitar satu sendok makan. Selanjutnya diperas, disaring dan rutin diminum, dalam sehari bisa dua sampai tiga kali sampai gangguan kesehatan tersebut teratasi.

Baca Juga: Pare Ulo Tingkatkan Nafsu Makan

Adapun beberapa ciri dari tanaman bengle,  misalnya termasuk jenis tanaman berbatang semu, seperti halnya dengan jahe. Tinggi tanamannya bisa mencapai sekitar 1,5 meter dan termasuk tumbuhan berumpun. Rimpang rasanya pedas, pahit dan berbau kurang enak dengan warna cenderung kuning.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

Fungsi Garam bagi Tubuh Seberapa Penting?

Selasa, 5 Juli 2022 | 21:50 WIB
X