• Selasa, 16 Agustus 2022

Pare Ulo Tingkatkan Nafsu Makan

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 12:33 WIB
          Pare ulo tampil khas dan mempunyai manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Pare ulo tampil khas dan mempunyai manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Beberapa jenis sayur mempunyai tampilan atau wujud cukup unik. Bahkan setelah dimasak juga dapat memiliki cita rasa dan tekstur yang unik pula. Salah satunya pare ulom yang cukup mudah ditemukan di pasaran dan harganya terjangkau berbagai kalangan.

Adapun hasil masakan berbahan pare ulo cukup beragam, bahkan bisa dimasak dengan ditumis, dioseng maupun dikombinasi dengan sayur lain sebagai campuran sayur lodeh, sop sampai sayur bening. Pare ulo juga berkhasiat untuk terapi kesehatan secara alami.

Salah satu warga asal Sleman, Isnanto mengaku senang dengan asupan berbahan pare ulo, apalagi ketika dimasak juga menggunakan rempah-rempah alami serta dikombinasi bahan-bahan alami lain.

Baca Juga: Agar Tak Terjadi Purging Saat Perawatan Wajah, Ini yang Harus Diperhatikan

“Saya yakin dalam pare ulo ada kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu juga ada manfaat atau khasiat kesehatannya dan bisa dicek di berbagai sumber,” terang Isnanto.

Asupan berbahan pare ulo, bahkan jenis pare biasa diyakini dapat membantu meningkatkan nafsu makan, misalnya bagi siapa saja yang sedang sakit atau pasca sakit dan banyak berkurang nafsu makannya. Termasuk juga bagi para lansia maupun anak-anak yang sedang mengalami penurunan nafsu makan.

Padahal jika nafsu makan tak terjaga dengan baik, bisa memicu gangguan kesehatan lain maupun membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, misalnya jika sedang terkena gangguan kesehatan, seperti flu dan demam.

Baca Juga: Terung Ungu Hindarkan Penyakit Jantung

Selain dibuat suatu masakan, bisa juga dibuat menjadi semacam ramuan alami. Resep sederhananya, yakni pare dicuci sampai bersih menggunakan air mengalir. Setelah itu dilembutkan, hasilnya ditambah setengah gelas air bersih lalu diaduk dan diperas.

Sehari cukup minum satu kali secara rutin, sehingga dalam waktu tak lebih dari dua minggu diharapkan dapat sembuh tanpa perlu ke dokter dan membeli obat berbahan kimia.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

Fungsi Garam bagi Tubuh Seberapa Penting?

Selasa, 5 Juli 2022 | 21:50 WIB
X