• Senin, 3 Oktober 2022

Terung Ungu Hindarkan Penyakit Jantung

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 07:31 WIB
          Asupan berbahan terung ungu bisa rutin dikonsumsi. (Foto: Sulistyanto)
Asupan berbahan terung ungu bisa rutin dikonsumsi. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Pernah melihat terung berwarna hijau maupun ungu? Khususnya terung dengan warna ungu diyakini mempunyai khasiat kesehatan lebih kampiun. Ketika dibuat menjadi sayur maupun balado terung antara lain akan bisa diperoleh manfaat atau khasiat kesehatan.

Selain itu tekstur dan cita rasa olahan berbahan terung cukup khas serta banyak yang suka. Tak sedikit sumber juga menyebutkan, terung ungu mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.  

Adapun manfaat atau khasiat kesehatan terung ungu, antara lain bisa membantu menghindarkan gangguan kesehatan atau penyakit pada organ jantung.

Baca Juga: Singkong Dukung Produksi Sel Darah Merah

Alasannya, antara lain terung ungu punya banyak kandungan serat, beta karoten dan anti oksidan yang tinggi. Alhasil, menjadikan terung termasuk suatu asupan alami yang dapat berperan mencegah seseorang terkena serangan jantung, bila mengkonsumsinya secara teratur, namun tak berlebihan.

Tak ketinggalan, terung ungu juga memiliki kadar atau jumlah kalium yang cukup tinggi,  sehingga diyakini bisa cukup efektif mencegah serangan darah tinggi atau hipertensi secara alami.

Sedangkan kandungan skopoletin dan scoparone yang terdapat pada terung ungu, antara lain diyakini dapat menurunkan guncangan psikologi dan mengurangi stress. Bahkan terung juga dapat mencegah epilepsi dan faktor penyebab stress yang lain.

Baca Juga: Daun Ubi Percepat Sembuhnya Demam Berdarah

Selain itu  ada penelitian di Jepang, antara lain menegaskan, terung merupakan salah satu sayuran yang dapat mencegah risiko kanker. Pasalnya ada kandungan inhibitor pada sayuran jenis terung ungu.

Adapun berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan pada kelinci, menunjukan kelinci yang diberi terung secara terus menerus terbukti dapat menurunkan lemak dalam pembuluh arteri, sehingga dapat terhindar dari resiko aterosklerosis (penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh).

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

Tujuh titik picu atasi keluhan sakit kepala

Senin, 5 September 2022 | 16:25 WIB
X