• Senin, 27 Juni 2022

Blackberry Bantu Jaga Imunitas Tubuh

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 05:18 WIB
          Buah blackberry mempunyai nilai gizi dan manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Buah blackberry mempunyai nilai gizi dan manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Aneka jenis tanaman buah bisa tumbuh baik di Indonesia, bahkan yang awalnya berasal dari luar negeri. Sebagian dapat dikelompokkan dalam keluarga berry, misalnya ada blackberry, stroberry dan blueberry.

Meski wujud buahnya kecil-kecil, buah dari keluarga berry diyakini memiliki nilai gizi dan khasiat kesehatan.

Suatu hal menggembirakan pula, sebagian penggemar tanaman bisa berusaha melestarikan atau memperbanyak tanaman tersebut, misalnya dengan menggunakan bagian biji, cangkok serta setek batang.

Sebagian penjual aneka tanaman pun ada yang menyediakan jenis-jenis tanaman tersebut. Sedangkan penanamannya bisa di tanah langsung ataupun menggunakan pot-pot dan semakin besar ukurannya semakin bagus.

Baca Juga: Pare Ulo Tingkatkan Nafsu Makan

“Sama halnya dengan beberapa jenis buah lain, buah blackberry juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, bahkan bisa sebagai sumber antioksidan,” ungkap Hasan SP yang tinggal di kawasan Sleman.

Ketika mempunyai fungsi sebagai sumber antioksidan, lanjutnya, bisa diartikan pula dapat membantu menjaga dan meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh secara alami. Sehingga ketika bisa rutin mengkonsumsi asupan buah dengan ukuran mungil ini antara lain bisa membantu menghindarkan dari keluhan atau gangguan kesehatan.

Serat pada blackberry pun bisa mendukung kesehatan sistem pencernaan. Jika sudah masak, buah blackberry dapat dikonsumsi langsung. Bahkan bisa dibuat menjadi sejumlah olahan seperti minuman jus dan sirup.

Baca Juga: Di Masa Pandemi, Jangan Lupa Tetap Jaga dan Rawat Kesehatan Gigi

Ada pula sejumlah literatur menyebutkan, bagian akar serta daun tanaman blackberry dapat digunakan untuk membantu mengatasi  gangguan  kesehatan pada sistem pencernaan secara alami, misalnya saat terserang  disentri dan diare.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X